Minggu, 04 Agustus 2019

Munich

Perjalanan kereta dari Stuttgart ke Munich ditempuh dalam waktu hampir 2 jam. Mendung sudah menyelimuti dari awal perjalanan, dan sampai munich hujan masih terus mengguyur.

Sebelumnya kami sudah pesan hotel di Munich, namun karena insiden semalam kami tidak tahu bookingan hotel bakal hangus atau tidak. Hotel nya gak jauh dari Munich Hbf tinggal jalan kaki. Sampai di sana, ternyata  bookingan kita hangus dan kamar sudah full (kebetulan pas weekend). 

Terpaksa kami cari hotel lain sekitar sini yg tentunya nyaman & pas di kantong, petugas hotel menawarkan kamar di hotel lain yg masih 1 manajemen tapi harganya lebih mahal, kami tolak sambil berterimakasih.

Setelah cari2 hotel d booking.com nemulah yg lumayan bagus gak jauh dari situ, jadi kita langsung book online. Pas lagi urus checkin di hotel yg baru, kemudian saya tersadar kl dompet saya udah gak ada!

Mampus, ini gue kecopetan apa jatoh ya apa ketinggalan d hotel sebelumnya? Padahal itu posisinya baru aja narik tunai atm jadi isi dompetnya cash €500 , atm + ktp. Duh bego bgt. Kl misalnya jatuh dijalan, alamat gak bakal nemu soalnya dijalan rame banget orang. Karena lg agak rempong urus checkin, si enji langsung inisiatif "aku cek kesana ya?" Saya langsung mengiyakan sambil bilang akan nyusul. Beberapa menit, pikiranku gak tenang, hp sy titipin iin untuk urus cek-in, dan langsung lari nyusul enji ke hotel sebelumnya. Sambil lari di bawah hujan gerimis dan menerabas keramaian orang2 di jalan (area ini banyak toko), hotelny gak jauh sekitar 300mtr aja. Sampai di sana, saya gak liat enji, tapi langsung tanya ke resepsionis ada dompet ketinggalan apa gak? Si mbak tsb langsung nunjukin dompet kecil ditangannya, alhamdulilaahhh dompet gk jadi ilang 😭saya buka isinya masih komplit, tak kurang sepeserpun uang, makasi ya mba bule biar Tuhan yang bales. 

Tapi ngomong2 kemana si enji?? Jangan2 nyasar tu anak, mana posisi saya gak bawa hp jadi gak bisa hub dia 😂. Saya tunggu dia d depan hotel, sampe akhirnya enji terlihat dari sebrang zebra cross setengah lari sambil cekikikan, kami tertawa. ternyata dia nyasar 🤣😂. Hahaaa gak apa2 nji niat baik kadang banyak cobaannya but thanks anyway.

Kembali ke hotel tempat kami menginap, namanya Litty hostel, sepertinya hotel lama tapi baru di renov, lumayan lah untuk nginep semalam. 

Karena udah seminggu di eropa maka agenda kami malam itu adalah nge-londry! Maklum.bawaan gak banyak jadi kudu nyuci. Hasil.googling di maps ada laundry coin di deket situ namanya "City- SB Washcenter"



Sambil nunggu cucian yg kira2 40 menitan baru selesai, kita cari makan. Di area ini banyak banget makanan2 halal, sepertinya banyak imigran afganistan dan turki yang buka toko di sini jadi aman deh. Sambil liat2 menu yg di tempel di depan resto, akhirnya kami coba stop makan di Hindukush Afghanisch restaurant
Enakk tapi lupa nama nya

enji dan roti kanebo favoritnya 😂


Liat tamu lain porsinya bejibun banget, eh ternyata bener, enak si tapi sampe gak habis kita dan ujung2nya minta bungkus sisanya haha mayan lah hemat buat sarapan besok pagi khaan.

Balik k londry, baju kita udah selesai tapi masih belum kering. Untuk ngeringinya, perlu dipindahin ke mesin pengering. Selesai londry kita balik k penginapan untuk istirahat.

Besok paginya, hari minggu ternyata langit masih kelabu dan hujan masih turun. Selesai sarapan sisa semalam, sebelum keluar muter2 kota munich, kami langsung checkout hotel dan taroh barang2 d loker stasiun munich, because after munich we'll going to prague.

Niat hati di jerman pengen sedikit belanja souvenir ditoko yg kami incar kemarin, tapi ternyata di hari minggu kebanyakan toko2 tutup! Yahh sedih deh. 

Dengan u-bahn kami ke Rathause, alexanderplatz, karlplatz, muter-muter sebentar di Marienplatz, tapi suhuny dingin bangettt 2°c pake hujan + angin..brrr gak tahan kelamaan di luar, jadi kita sering keluar masuk subway biar anget. Saking gak ada kerjaan kita naik turun subway aja pindah2 stasiun soalnya gak sanggup mau keluar, dingin banget. Btw pas pindah2 subway ini kita sempet kayak dikuntitin cowo aneh kyk mabuk gitu, kata enji dia bawa pisau lipet kecil.. saya sendiri si gak liat. Tapi gara2 enji bilang gitu, kita semua langsung parno, abisan pas kita naik dia ikut naik, kita turun dia turun, kita diem dia diem juga. Sampe kita akhirnya cari subway yang rame orang biar ilang jejak. Hiyy.

Rathaus
Karlplatz


Marienplatz diguyur hujan

Hari minggu plus hujan angin, membuat munich jadi kurang bisa di explore, toko2 juga banyak yang tutup soalnya. Sisa2 jam berikutnya kami ke Munich Hbf  aja sambil nunggu kereta ke Prague. Tiketnya kita gak beli lagi karena udah tercover di Eurail Pass jadi tinggal tunjukin aja pas di atas.

Selama di Munich Hbf kita cari2 makan, liat2 sovenir dan banding2in harga coklat di tokonya, ngeliatin orang2 lewat, kami juga disamperin mbak2 muslim yang minta infaq utk kegiatan majalah dakwah di munich (semoga beneran uangny utk infaq ya), pindah2 duduk,.yah gitu dh yg penting anget 😂. 
Sepenglihatan saya di munich ini banyak banget pendatang, mungkin karena ini juga jadi banyak pengemis dan homeless, waktu dijalan kemarin saya lihat ada ibu2 sepertinya keturunan turki minta2 dijalanan (satu yg agak disayangkan, imej imigran timur tengah jadi kurang bagus), kl homeless banyak juga si yg bukan imigran timur tengah mereka pada angetin badan gitu d subway, cari makan sisa makanan dari tong sampah 😥, kadang dikasi kopi panas sama petugas restonya.

Ngeliatin orang seliweran di munich hbf

Ngemil gorengan di stasiun, isi udang

Munich termasuk negara yg banyak homeless nya,
Kasian bapak2 ini cari makan dari sisa2 di tempat sampah 😥