Kamis, 17 November 2016

Transportasi selama di Jepang (tanpa JR Pass)

Jepang memang terkenal dengan transportasinya yang teratur, kompleks dan juga mahal (but you've get what you've paid). Berbagai macam alat pembayaran dan pass (tiket terusan) di tawarkan untuk turis agar memudahkan. Yang terkenal sakti adalah JR PASS. Tapi seberapa sakti kah jr pass? Jawabannya tergantung πŸ˜…

Saya salah satu dari sekian ratus orang yang gak maniak sama JR PASS. Selain emang mahal, rasanya kurang challenging aja kalau cuma beli jr pass terus udah bisa kemana aja. So sebelum ke jepang saya survey dunia per-transport-an di sana dan segala jenis pass di situs japan-guide.com sambil ngubek ngubek fee rute di hyperdia.com dan google maps. Cukup bikin kepala pening sih. But thats the intersting pointπŸ‘

Setelah membuat rute dan tempat yg akan d kunjungi, lalu membuat tabel perbandingan budget transportasi antara with or without JR Pass. Ternyata kalkulasi saya masih tetep lebih mahal pakai JR Pass (dengan rute kami) dibanding tidak. Maka kami putuskan untuk TIDAK pakai JR PASS dan lahirlah rancangan budgeting transportasi sebagai berikut ....
Rute jalan selama 14 hari

Total perjalanan 14 hari di Jepang dengan Rute Tokyo (area Yamanote&sekitar) – Kawaguchiko – Tokyo – Ibaraki (hitachi seaside)– Tokyo - Nagano  – Tateyama Kurobe Alpine Route – Toyama – Kanazawa – Shirakawago – Kanazawa - Kyoto - Osaka. Itinerary & budget bisa ngintip di postingan ini

Featuring tiket terusan :
  1. Tokyo Subway Pass 48 hour + Keiyu Line
  2. JR Tokyo Wide Pass
  3. Pasmo (IC/deposit card)
  4. Tateyama Kurobe Option Ticket (melewati jalur Alpin Route)
  5. Takayama Hokuriku Pass
  6. Kyoto Bus Pass
  7. 2 day Osaka Amazing Pass

pass selama 14 hari di jepang

Tokyo Subway Pass

2 hari pertama di area Tokyo kami pakai Tokyo Subway Pass 48 hour (1200) + beli tiket one Keiyu Line (400) dari Haneda, total seharga 1600 yen. Subway pass ini berlaku 48 jam dari pertama kali di aktifkan (masuk tiket slot di auto gate)

Lengkapnya cek di sini

sangat worth untuk bepergian dengan kereta subway di area Tokyo dan banyak mengcover daerah wisata.
Waktu beli di Keikyu Tourist Information Haneda airport, kami juga di sanguin peta subway yang lengkap dengan point wisata. Sangat membantu !
Atas jalur subway & train area kanto yg konpleks
bawah guide map subway pass tokyo yg lebih simple

Pasmo
Kita beli bareng Tokyo Subway Pass di trmpat yang sama. Dan langsung isi Pasmo perdana 2000 yen (deposit 500 yen + yang bisa di pakai 1500 yen). Deposit ini bisa di refund (setelah di potong admin fee) kalau udah gak dipakai, mau disimpen juga boleh karena masa berlaku kartu 10 th dan bisa di pakai sama kita atau saudara kita kl ke Jepang (bisa di pindah tangan). Pasmo banyak banget fungsinya buat beli makan, transaksi di minimart, vending machine, beberapa tiket bis dan naik kereta JR/subway yang gak tercover pass yang kita beli, semua gak pake ribet tinggal tempel kartu di auto gate pas masuk stasiun (jadi gak perlu beli tiket manual), tempel di sensor ic card di minimart atau vending machine. Terus bisa di pakai di mana aja tokyo, kyoto, kanazawa, nagano sampai osaka. Lengkapanya cek sini

Di Tokyo saya recharge (isi ulang) 5000 yen lagi di mesin isi ulang. Bisa dilakukan mana saja selain pasmo (misal suica) tapi better di lihat dulu logo yang diterima mesinnya

Tips :
hati-hati kl recharge pakai mesin, jangan salah pilih antara recharge dan purchase, salah-salah mau isi ulang malah keluar kartu baru. Kejadian ini saya alami saat isi ulang Pasmo di mesin ICOCA, seharusnya pilih recharge malah pilih purchase. Alhasil ICOCA baru yg keluar, yang akhirnya saya refund lagi karena udah punya Pasmo. Pasmo sendiri gak saya refund karena saya pakai sampai detik terakhir di Osaka airport dan sengaja saya abisin sisa 80 yen hihi

JR Tokyo WIDE PASS
Kita beli di JR EAST Office Haneda Airport, (selain Haneda bisa di tempat lain yg sudah ditentukan). cek di sini

JR TOKYO WIDE PASS seharga 10.000 yen dan sangat worth, karena kl di total pemakaian kami 2x harga belinya. Pertimbangan beli pass ini karena mengcover transport ke daerah wisata yang kami tuju yaitu kawaguchiko, fujikyu highland, hitachi seaside park (katsuta station) dan Sakudaira (stop shinkansen terakhir yg tercover sebelum Nagano, karena mau ke Alpine Route)

Rute yg tercover Tokyo Wide Pass

Yg di bawah cap stempel reserved seat naik limited express train & shinkansen

Tiket ini hanya berlaku 3 hari jadi kami mulai pakai waktu mau ke Kawaguchiko

Rute yang kami tempuh pakai wide pass :
1.       Shin okubo - shinjuku – kawaguchiko PP 4310x2 = 8620 ¥
2.       Shin okubo - shinjuku – fujikyu highland PP (ini unpredictable karena rencana awal setelah kawaguchiko mau mampir malah tutup, dan terpaksa kita kembali esoknya) 8620¥
 – Shin okubo - Tokyo – Katsuta (mau ke Hitachi Seaside Park) 3820 ¥, Katsuta – Tokyo 3820 ¥, Tokyo – Sakudaira 6140¥
Total harga normal 31.020¥
Save sekitar 20 ribuan yen!

Tujuan akhir kami adalah Nagano, tapi karena wide pass hanya cover sampai Sakudaira jadi kami lanjut pakai kereta biasa, sebenarnya bisa lanjut shinkansen dengan extra fee tapi lumayan harganya 2x lipat tiket kereta biasa.

Untuk Sakudaira – Nagano (via Komoro) kami bayar cash

Tateyama Kurobe Option Ticket

Hari berikutnya di Nagano kami pakai option ticket ini. Option ticket sayangnya hanya di jual di waktu tertentu, biasanya akhir summer sampai penghujung autumn tahun ini dijual bulan agustus sampai november aja. info tentang Alpine Route sendiri bisa di lihat di sini

Tiket ini mengcover perjalanan Nagano – Tateyama Kurobe Alpin Route – Toyama begitu juga sebaliknya seharga 9000 yen. Hemat sekitar 1500¥ dari harga tiket printilan. Kami beli di JR east travel service haneda, dan ada beberapa point of sales selain haneda.

Tiket ini hanya berlaku one way selama 5 hari. Jadi kalau mau nginep di hotel area Tateyama atau camping di Raichozawa bisa banget di pakai.
tateyama option ticket

Note : JR Tokyo Wide Pass dan Tateyama Option Ticket harus tentukan tgl fix saat beli. Jadi pastikan dulu tgl mulai pakainya  sebelum membeli karena gak bisa d ubah lagi.

Takayama Hokuriku Pass
Takayama Hokuriku Pass harganya 13500 yen (info paling update harga naik jadi 14000 yen setelah oktober 2016). webnya di sini

Pertimbangan pakai ini adalah selain sesui rute sudah include tiket ke shirakawago.

Tiket ini gak dijual di jepang. Jadi hanya bisa di beli di luar Jepang. Kemarin temen kami beli di HIS Travel jakarta dan exchange tiketnya di Toyama station.

Setelah selesai pakai Tateyama Kurobe Option Ticket dari Alpine Route kami lanjutkan perjalanan menuju Kanazawa dari Toyama station dengan menggunakan pass ini

Area coverage

Budget assessment :
  1. Toyama – Kanazawa 3130¥ (Hokuriku Shinkansen)
  2. Kanazawa – Shin Takaoka 2830¥ (Shinkansen). Ke shin takaoka karena pas mau ke shirakawago via kanazawa jadwal bus paginya udah full seat dan siang banget baru ada lagi jadi better ke shin  takaoka yg ga perlu reserve seat
  3. Shin Takaoka – Shirakawago 1800¥ (Kaetsuno Bus)
  4. Shirakawago – Kanazawa 1850¥ (Nouhi Bus)
  5.  Kanazawa – Kyoto 6700¥ (Thunderbird limited express)
  6.  Kyoto – Morinomiya (Osaka) 800¥ (Limited express train)
         Total harga normal 16.700 yen. Save sekitar 3000an
Takayama hokuriku pass yang nempel di booklet gak boleh sampe lepas.

Menurut saya, pass ini agak kurang maksimal pakainya karena kami cuma pakai sebagian dari rute yang tercover walaupun sebenarnya udah balik modal juga sih dengan moda transport yang kita pakai.

Tips : biar maksimal pakai Takayama Hokuriku Pass dari Osaka (bandara KIX) berakhir di Nagoya atau sebaliknya. Misal kalau dari arah Tokyo pake bus willer ke Nagoya. Di Nagoya mulai pakai pass ini sampai ke shirakawago dan kyoto/osaka

Kyoto City Bus Pass
Selama di Kyoto 3 hari kita pakai Bus Pass per hari 500 yen. Pakai sepuasnya. Total 3 hari 1500 yen Kami beli di hostel tempat kami nginep (K's House Backpacker kyoto) dan ticket office bus di kyoto station, jangan lupa untuk minta Route Map bus nya biar gak tersesat

Di kyoto ada 2 jenis bus, flat fare (230yen) dan non flat fare. coba cek di web ini lengkap banget sampe ke mekanisme naik busnya
Kyoto city bus

Route bus map yg gak kalah bikin pusing

Note : kelebihan pakai city bus kyoto ini adalah banyak menjangkau dan haltenya dekat dengan tempat wisata (fushimi inari, kiyomizudera, arashiyama). Kekurangannya jadwal gak sebanyak kereta jadi waktu tunggu lebih lama, plus harus mau agak pusing dikit baca jalur dan nentuin halte nya.

hari ketiga di Kyoto, sorenya kami berangkat ke Osaka

Sampai di Osaka karena udah malem kami hanya pakai pasmo. Kebetulan apartemen juga dekat dengan dotonburi jadi jalan kaki cukup hemats. Kami beli Osaka Amazing Pass di osaka tourist information di OPA building shinsaibashi

Hari ke dua di osaka masih pakai Pasmo untuk ke Universal Studio Japan

2 day Osaka Amazing Pass
Hari ke 3 & 4 kami pakai 2 day Osaka Amazing Pass seharga 3000 yen udah include transport (bus, subway, new train selain JR) dan tempat-tempat wisata di Osaka yang sudah di tunjuk.  Cek di sini
Jalur warna warni yang di cover . Angka kotak pink adalah wisata yg free. Kotak hijau ada discount fee

Yang menurut saya juga udah amat sangat balik modal bangettt

Day 1
1.       Osaka Castle seharga 500¥
2.       Umeda Sky Building 1000¥
3.       Tombori River Cruise 1000¥
      Transportasi subway n city bus (bus flat fare sekali jalan 210 yen)

Day 2
1.      Osaka Science Museum 400 (xtra fee Planetarium Hall 440 yen)
2.       Tempozan Ferris Wheel  800yen
3.       Santa Maria Cruise 1600 yen
4.       Osaka Perfectural Government Sakishima 800 yen
5.       Transport (subway + new tram)

Murahh ! kl ngitung tempat wisatanya aja bisa abis 6000an yen belum sama transportnya.
Jadi osaka amazing pass sangat recomended !

Hari terakhir di jepang kami isi pasmo lagi 2000 yen untuk transport dari apartemen di daerah Matsuyamachi ke KIX itupun masih sisa. Dan bisa pakai buat beli-beli cemilan di bandara.

KESIMPULAN
Selama 14 hari dengan rute perjalanan tsb kalau di total jumlahnya kisaran 48000 itu pun udah masuk tateyama kurobe alpin route dan shirakawago (yang bikin budget bengkak karena bisa abisin 20ribuan sendiri), tiket masuk tempat wisata di Osaka sama isi pasmo yang kepake juga untuk beli makan.

29 komentar:

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah ketemu blog ini :)
Mbak nanya donk tentang transportasi, pusing euy.
Rute kami Osaka - Kyoto - Kawaguchigo - Tokyo
1. Apakah worth beli JR pass untuk rute diatas, nyampe Osaka pulang Tokyo
2. Kalau tidak, untuk perjalan antar kota itu prefer naik apa ya, pass apa yg mengcover transportasi antar kota?
3. Apakah ada spesial rate pass untuk anak umur 8 tahun, atau tetap bayar full? misalnya Takayama Hokuriku Pass atau Tokyo Wide Pass, budgetnya lumayan hehehe...

OK itu aja, terima kasih ya.

Donny

Halo ms Donny.
Maafkan kolom reply menghilang. Smoga rajin cek blog ya jadi tau kalau ada balasan 😣

Kl boleh tau berapa hari total jalannya?
Saya coba jawab yah
1. Kl pulang pergi dari kota yg sama misal dari Tokyo-Osaka-Tokyo lagi mungkin JRPASS baru akan worth. Tp kl rute nya kurang lebih seperti saya, masuk tokyo keluar osaka(atau sebaliknya) gak pakai JRPass jatohnya lebih ekonomis.

2. Kl antar kota selain train/shinkansen dari kyoto - tokyo/kawaguchiko bisa pakai bus Willer. Busnya nyaman kok. Murah jg. Ada lagi pilihan pass lain spti Hokuriku Arch Pass. Tapi rute k tokyo mutar dulu lewat utara (kanazawa,nagano). Bisa sekalian k shirakawago jg. Tp tiketnya hampir sharga jrpass sih. Coba buka di japan-guide.com bagian transportation/rail pass utk perbandingan antar pass

3. Utk anak under 11th harga pass nya separuh dari harga normal dewasa.

Smoga cukup membantu ya :)

Halo, makasih mbak.
Total hari exclude penerbangan 9 hari.
Iya pergi dan pulang tidak dari kota yg sama, masuk Osaka, keluar Tokyo, jadi tidak perlu beli JR Pass ya.
OK saya lagi review moda transportasinya, ribet ya, terlalu banyak provider.
Siip kalo begitu, thanks yah :)

Regards,
Donny

alamkuindahsekali mengatakan...

Sama-sama ms donny. Sanking teraturnya segala macam pass n moda transportnya smpe bingung mau pakai yg mana ya πŸ˜‚.
Okee selamat berhunting dan happy holiday ! 😁😁

Anonim mengatakan...

Mbak mau tanya ya, kartu pasmo itu sejenis kartu BCA Flazz atau Mandiri e-money ya? jadi sebagai kartu bayar. Kalau saya pergi bertiga, berarti cukup 1 kartu pasmo saja ya untuk bayar keperluan bertiga, mis. untuk bayar tiket? Benar nggak? Trus kalau untuk refund deposit uang kita yang ada di kartu pasmo bisa dimana saja?

Satu lagi mbak, selama disana untuk askes hp/internet yang paling hemat pakai kartu apa ya? kalau pakai modem wifi khawatir kalau pas terpisah sama kelompoknya susah buat connect.

Thanks ya.

To Anonymous

Kl penggunaannya sdikit beda mb/ms. Memang sama2 kartu deposit tapi Pasmo lebih personal. Terutama utk transport 1 kartu berlaku hanya utk 1 orang (kl udh pernah ke spore prinsipnya sama kyk SIngapore tourist pass/ez-link). Karena sistemnya dy akan mendetect dimana stasiun masuk dan dimana keluar jd bisa lgsg dipotong dari deposit. Kecualii kl mau beli tiket fisik di mesin tiket (jd bisa beli tiket utk lbh dari 1 org, tapi cara ini agak ribet). Kl utk belanja bisa aja di pake rame2.

Refund bisa di lakukan di ticket Office non-Jr station (contohnya tokyo subway atau station nonJR lain).

Kl kemarin saya pakai xl-pass 400rb 2 minggu. Dulu tmasuk murah tapi kykny skrg udh naik paketanny πŸ˜‚

Anonim mengatakan...

Tks mbak atas jawabannya.
Jadi kartu Pasmo itu bisa langsung berfungsi untuk tiket train atau tiket bus ya, tanpa harus beli tiket fisik.

Salam Bunda

alamkuindahsekali mengatakan...

Iyaa betul sekali. Selama bis nya ada alat untuk tap IC card (pasmo, suica dll) bisa digunakan.

Sama-sama bunda 😊

halo mba,salam kenal,
saya mau tanya,rencana liburan saya dan family di jepang itu ke area Tokyo-gala yuzawa-hakone-shirakawago-minakami,
tetapi belum disusun rute perjalanan yang paling efektif dari area2 tersebut..nah saya tentunya sayang kalo beli JR pass,nah kalo beli tokyo wide pass tidak mencakup shirakawago..untuk ke shirakawanya yg paling efisien dari tokyo naik apa ya mba?

terima kasih banyak
yasmin

alamkuindahsekali mengatakan...

Hi mb Yasmin. Semoga rajin cek kolom komentar blog saya karena kolom reply menghilang 😭

Kl boleh tau rute pulang perginya lewat Tokyo kah mb?
Shirakawago bisa di akses lewat kota Takayama (arah Nagoya) atau Kanazawa/Toyama
Opsinya :

1. Shirakawago relatif jauh dari tokyo jadi kl mau yg efisien (hemat) pakainya bus ekspres (willer expres) dari tokyo ke Nagoya-takayama-shirakawago. Tapii konsekuensi waktu tempuh bakal lebih lama dibanding naik shinkansen dari Tokyo ke Toyama lanjut bus khusus ke shirakawago.

2. Kl naik shinkansen tanpa pass sudah jelas mahalnya, apalagi kl harus pp Tokyo. Kl rute lainnya cuma diseputar Tokyo memang sayang mb kl beli JR Pass tapi kl Shirakawago yg jadi highlight perjalananny JR Pass bisa jadi yg paling hemat meskipun harus nambah biaya bus lagi utk ke shirakawago. Shinkansen tokyo-toyama lanjut bis ke shirakawago. Totalnya tetap lebih murah pakai JR Pass

3. Kl mau combine pass..
Tokyo wide pass + JR hokuriku pass tapi tetap harus nambah fee rute shinkansen yg gak tercover sebesar 7500¥ sekali jalan. Yg kl d total harganya bisa nyamain JR Pass hehe

Saran saya kl ke shirakawago sekalian ke Kyoto/osaka aja mba biar lbh hemat. Karena jatohnya jd mahal bgt kl ke shirakawago pp tokyo

karun mengatakan...

monggo numpang nanya.. kalau saya tokyo- tateyama alpine route - tokyo.. apa perlu beli jr wide pass? atau cukup tateyama kurobe option ticket dan ke nagoya nya pakai kereta biasa?. saya hanya ingin 1 day aja bolak balik. makasih

Hi kak karun. Maaf slow respons 😣. Sudah berangkat belum y? πŸ˜‚

Maksutnya pp tokyo ya kak?
Kl 1 hari pp tokyo agak kurang puas dan capek mnurut saya. Kl pk jr wide pass berarti dari toyama kembali ke rute yg dicover, bisa lanjut pake shinkansen (yg mana mahal jg).kl lewat nagoya bisa jg tp waktu tempuh jd lebih jauh. Gk mungkin bisa pp 1 hari

Anonim mengatakan...

kak, numpang tanya mengenai transportasi di jepang.
saya sekeluarga 4 org ada rencana ke jepang selama 9 hari. pulang pergi melalui tokyo. rencana kami ingin jalan2 di tokyo selama 3 hari.selain itu juga ingin mengunjungi alpine route, hitachi seaside park, fuji q highland dan gala yuzawa. transportasi apa yg sebaiknya kami gunakan ke tempat2 tsb?
sebaiknya kami beli jr pass apa? sebaiknya beli passmo atau suica?

alamkuindahsekali mengatakan...

Halo kak, wah lumayan mirip nih rutenya, ada rencana ke kyoto-osaka juga atau hanya Tokyo aja? kl dari rute yg d sebut sih cocoknya pake JR PASS karena padet dan jauh2 banget.
Kl gak ke kyoto dan osaka, hanya tokyo dan tempat2 yang disebutkan Jr Pass juga bisa, tapi untuk k fujiq nya nambah transport lagi karena gk tercover jrpass. Jr pass kan berlaku 7 hari tuh, nah 2 harinya bisa combine pasmo atau beli tiket subway pass selama muter2 dalam kota tokyonya

Kl mau hemat pake jr tokyo wide pass juga udah cover perjalanan ke hitachi, gala yuzawa, fujiq dan separuh jalan menuju alpine route, cuman pas balik dari alpine route nya gak tercover. Kl gak ada rencana k kyoto/osaka dari toyama (keluar alpine route) yg hemat naik bis lagi pas balik k tokyonya.

Anonim mengatakan...

Hai, saya rencana rute tokyo-takayama-osaka-tokyo.. dari tokyo ke takayama tanggal 9, sementara ke osaka dai takayama tanggal 11 dan tanggal 16 kembali ke tokyo dari osaka.. kalau pakai jr pass 7 hari, waktunya kurang, sementara 14 hari mahal sekali.. ada saran supaya ongkosnya tidak terlalu berat?

alamkuindahsekali mengatakan...

Haloo maaf kolom reply menghilang πŸ™
Opsi dari saya
Puas-puasin dulu di Tokyo.
Tokyo-Nagoya pake bus express Willer Express, bis nyaman sekita ¥3000-5000
Beli Takayama-Hokuriku pass skitar ¥15rb. Berlaku 5 hari valid utk perjalanan Nagoya-takayama(shirakawago)-kyoto-osaka (sampai usj & bandara jg).
Balik dari osaka ke tokyonya pakai pesawat domestik, bisa cek di skyscanner biasanya range 800-1jt. Lbh hemat lg kl dari tokyo lgsg nyambung flight ke indo/daerah asal.😊

alamkuindahsekali mengatakan...

Atau kalau rutenya mau dibalik, dari tokyo langsung ambil flight domestik ke osaka (perhatikan bandaranya jg, krn tokyo ada 2 bandara, haneda&narita.. kl beda bandara ada transport directnya jg kok).
Dari osaka-takayama-nagoya pakai takayama-hokuriku pass.
Nagoya - tokyo pakai bus willer express
Selanjutnya nikmati sisa jalan2 d tokyo 😁 .

Ifagho mengatakan...

Hai kak.. Punten mau tanya, aku udh bikin itin, ya blm lengkap bgt sih.. Cm aku bingung bgt liat hyperdia, duh transportasi jepang bikin pusing ya ternyata hehehe.. Aku sih rencana ke jepang cm 5 hr 4 mlm aja, pp haneda. Ini rencana jalan jalan ku mudah mudahan kecapai smua dengan waktu yang amat singkat ini.. πŸ˜… #siap siap kaki gemporrr deh

Hari 1 tgl 13 feb 2020 (kamis) : *TOKYO*
09.00 : sampe di airport haneda langsung ke hotel di tokyo
10.00 : shibuya crossing
12.00 : sensoji temple sambil makan siang di asakusa
14.00 : fujiyama snow town yeti/ (1000 - nyewa boots 2500) gala yuzawa/fujiten snow park
20.00 : shinjuku lanjut harajuku

Hari 2 tgl 14 february 2020 (jumat) : *KYOTO*

07.00 : dari hotel langsung ke kyoto
10.00 : sampe hotel di tokyo lngsung ke hotel titip koper
10.30 : arashiyama (bamboo forest & site with monkeys) / fushimi inari taisha
11.30 : siap siap sholat jumat di masjid islamic cultural center/stasiun kyoto
13.30 : makan siang di kiyomizudera - higashiyama district
15.00 : fushimi inari taisha sambil sewa kimono
18.30 : gion

Hari 3 tgl 15 feb 2020 (sabtu) : *OSAKA*

07.00 : ke osaka

Kawazu prefektur shizuoka
Gotenba
Kawaguchiko

Eniwei, kalo itin nya spt ini prefer jr pass atatau hokuriku arch pass ya? Dan apakah dua kartu itu sudah mengcover smua tiket di itin ku khususnya ketika di tokyo, atau ada tiket yang tidak tercover dan aku hrs beli tiket lain lg ya? Mohon infonya ya kak. .

alamkuindahsekali mengatakan...

Halo ifagho, semoga notice ya kl ada balasan krn tombol replynya menghilang πŸ˜….
Omg.. itinnya jauh2 bangettt.. 4 malam gak bakal cukup menjajaki semua itu πŸ™ˆ
Hari 1
Prepare keribetan imigrasi, min bisa 1 jam baru bisa beres semua. Ke gala yuzawa itu jauh bgt, kl landing jam 9, belom beres gono gini,itu baru bisa siap jalan paling cepet jam12 siang. Ke gala yuzawa gak bakalan sempat! Krn ke sananya aja jauh, dan ada jam tutupnya kl g salah, jd kayakny bakalan kurang puas. H1 mending explore dalam kota

H2 & 3 masuk akal itinnya

H4 juga gak mungkin banget.. kawaguchiko aja bisa full seharian, kl pun k gotemba bisa tapi bakal sampe k tokyo lagi udh malem banget. Gak akan sempat k museum doraemon.

Saranku kl cuma 4-5 hri puasin explore di tokyo aja, selain bisa maksimal jg lbh hemat bisa pake jr tokyo wide pass yg cover perjalanan ke kawaguchiko dan gala yuzawa.

Kl maksa ke osaka n kyoto jg,boros d transport dan waktu. Jr pass yg bisa 7 hari, jd kepake cuma 5 hari. Kan sayang. Tp kl ttp mau kesana, itin d tokyo nya mungkin d ralat.

Hokuriku arch pass rute kereta osaka/kyoto-tokyonya lebih lama dibanding kl pk jrpass.. dan kereta ke kawaguchiko + gala yuzawa gak ditanggung

Ifagho mengatakan...

Tenang kok kak, aku tiap hari bakalan pantau dan check udh di bls blm diblog ini hihi scr puas bgt nemu blog ini krn super informatif sekalii.. Dan aku jalannya jg msh lama jd msh banyak waktu utk prepare.

Iya ni itinku bnr bnr jauh jauh ya.. Dengan waktu yg amat sangat sbntr bgt. Soalnya suamiku ga bs lama lama cutinya. Tp kepengen ke smua destinasi kalo bisa, hahaha maksain bgt emang ni.. πŸ˜‚ Aku sih sbnrnya ke osaka krn kepengen bgt nyobain usj nya ituu krn penasaran sm wahana harry potternya scr aku potter head, hihi.. πŸ˜… nah, ktnya jg kl udh ke oska skalian aja ke kyoto jg yo weis deh cuss aja bela belain toh jg cm bentar kan ya jarak kyoto ke osaka.

Kalo soal itin di tokyo.. Nah ini yg bikin bingung, suami pengen nyobain ke resort salju sedangkan aku mau liat sakura, soalnya ktnya kl jalan di bln feb msh bs nemuin 2 musim disana, salju msh ada dan jg sakura udh ada yg mekar lebih awal di pertengahan bulan feb.

Tdnya itinnya itu hari pertama apa coba ke kyoto dl ya, baru osaka, lalu 2 hr di tokyo sampe plng. Cm kl jumatnya pas ke usj bentrok di sholat jumat kan disana susah sholatnya pasti ni.. Jd bingung makanya aku geser deh jd hr pertama tokyo, kyoto, osaka di hr sabtu (pasti hrg tiket jg beda lebih mahal dibanding kl pas low season) selanjutnya tokyo lg.

Trus kl soal resort salju aku udh search ktnya memang yg bagus selain di hokkaido scr ga mungkin bgt kesana, itu ada di gala yuzawa. Tapi aku tau ni bakalan nempuh perjalanan jauh kesana pp bs 5 jam kyknya, blm lg maen disana nya. Krn itu aku coba cari opsi lain yg bs maen salju tp lebih deket jaraknya ya kyknya antara di snow town yeti di dkt gotemba, atau ga jauh dr situ ada fujiten snow park.kyknya sih aku bakalan pilih diantara dua itu cari yang terdekat kalo msh mau maksain jg utk spy meminimalisir jarak itu pun kl sempet waktunya hihi.

Nah museum doraemon pun bs jd opsi aja ga terlalu utama jg kesana kl sempet hayo kl ga sempet gpp, (tp kyknya ga akan sempet πŸ˜‚πŸ˜‚)

Jadi paling hr pertama prefer snow town yeti aja yg dkt dari gotemba trus lanjut gotemba kaloo sempet itu pun hihi.. Kalo ga sempet mungkin di hari ke 4 aja stlh dr shizouka liat sakura.

Dan hr ke 4 ke sakura kawazu ahizokuka, lalu kalo pas hari pertama ke gotemba ga jadi mungkin kl msh ada waktu coba nyempetin ke gotemba dan yg terakhir kawaguchiko lake (itu pun kalo waktunya dan kaki msh sanggup hahahaha) pkknnya disana tergantung sikon dan kesanggupan aja kyknya ni.

Berarti mau ga mau walopun sayang beli jr pass krn cm kepake 5 hari,kemungkinan yg mengcover itin ku ini ya jr pass kyknya ya dibanding hokuriku arch pass? Biar meminimalisir waktu jg soalnhya kan ya krn lebih cpt. Yg aku msh bingung, kl pake jr pass smua kereta yg daerah tokyo msh bs di cover kan kak? Selain shinkansen nozomi sama apa tuh ya satu lg lupa deh yg ga bs naek, selain itu di cover kan ya? Atau kl semisal jadi ke kawaguchiko dan snow town yeti ttp hrs beli tiket tokyo wide pass jg?

alamkuindahsekali mengatakan...

Hi ifagho.. makasi yaa respon nya 😊
Iya ni jauh2 banget si itinnya, ku tak kuasa membayangkannya hahaa extend aja liburannya biar puas.. 🀣.
Baikny emang enak langsung k kyoto, tp d osaka nya bentrok jumatan ya.. bikin galau.

Iya kl bolak balik tokyo dgn waktu singkat prefer JR Pass, utk dalam kota tokyo/kyoto/osaka selama pake keretanya JR semua masi di cover. nanti ada tambahan transport lain yg bukan JR, sperti kl ke kawaguchiko itu, dari shinjuku-otsuki di cover JR, tapi kereta dari otsuki-kawaguchiko gak di tanggung jr pass. Atau kereta metro subway dlm kota jg ga ditanggung. Begitu jg transport ke Gotemba, dan bus dalam area kawaguchiko.
Dan jg "mungkin"sebagian transport ke fujiten/ snow town/ sakura kawazu (krn sy belom pernah k sini jg)
Gotemba-kawaguchiko-fujiten-kawazu sakura itu 1 area si kl mau explore semuanya bisa 2-3 hari sendiri. Kl pake mobil sndiri lbh enak, tp kl pke public transport jatohny lama dijalan hehe.

Utk itin di kyoto kiyomizudera dan gion itu deketan, dan arashiyama bamboo itu agak jauh lokasinya. Kl mau urutan, ke arashiyama dulu, baru fushimi inari, baru sore ke kiyomizudera + gion

alamkuindahsekali mengatakan...

Ga perlu beli tokyo wide pass, printilan yg gak tercover jr pass nya pake ic card/depsit card aja spt pasmo atau suica

Ifagho mengatakan...

Oh okee kl gitu hatur nuhun infonya ya kak..

Anonim mengatakan...

Mbak tolong tanya, kan mbak di nagano sehari sblm ke alpine route, koper2 yg dibawa gmn krn kan satu arah, stop di toyama, tolong penjelasannya maksih

alamkuindahsekali mengatakan...

Halo.. utk perjalanan kemarin saya kirim koper lewat ekspedisi Ta-Q-Bin namanya http://www.kuronekoyamato.co.jp/ytc/en/send/services/takkyubin/. dari Tokyo station (ada counternya) tujuan Kyoto, kota tujuan kedua setelah alpine route & shirakawago. Harga 2016 ¥1400. Koper langsung di antar k hostel tempat saya nginap dan tanggal antarny bisa request. Ada tipsnya di postingan saya yg http://www.alamkuindahsekali.com/2017/03/day-6-tateyama-kurobe-alpine-route.html?m=1
Kl dulu pakai cara ini lebih murah

Opsi kedua
Bisa aja pakai jasa kirim barang dari Nagano ke totyama atau sebaliknya.. drop di tempat masuk, langsung sampai hari itu jg di ambil di tempat keluar tp biasanya lebih mahal, tarifnya bisa cek di https://www.alpen-route.com/en/transport_new/baggage.html

hsynr mengatakan...

kak, saya mau tanya nih tentang Takayama Hokuriku Pass, itinerary saya singkatnya begini:

day 1: osaka
day 2: kyoto
day 3: ke toyama, dengan rute kyoto-kanazawa-toyama
day 4: alpine route (mulainya dari toyama ke nagano nanti dari nagano ke toyama lagi karena koper di hotel toyama)
day 5; takayama
day 6: pulang pesawat malam lewat nagoya

apakah takayama hokuriku pass nya bisa di pakai untuk kereta rute Nagano-Toyama, Toyama-Takayama dan Takayama-Nagoya?
soalnya saya baca cuma bisa kanazawa - toyama , terus nagoya-takayama, atau apakah bisa sebaliknya juga? makasih ya kak

Halo kak Hsynr!
Utk perjalanan Nagano-Toyama TIDAK dicover Takayama hokuriku pass kak. Jadi harus beli tiket terpisah, kl pakai shinkansen lumayan juga 7000an ¥.

Rute toyama-takayama, takayama-nagoya bebas pakai sepuasnya, mau bolak balik berapa kali jg ga masalah kak 😁

alamkuindahsekali mengatakan...

Haynr, Btw gak ke shirakawago sekalian kak? Krn takayama hokuriku pass ini baru worth kl dipake k shirakawago jg