Monday, August 22, 2011

amazing Merapi

Jogja selalu memberikan kesan tersendiri bagi setiap orang yang pernah menjejakkan kaki di sana, bahkan ketika saya meninggalkan jogja untuk sementara (baca : mudik), kota ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dari udara Kemarin tgl 21 Agustus, saya ambil penerbangan direct dari jogja ke kampung halaman saya balikpapan, jadwal terbangnya pagi hari (take off jam 07.55), cuaca waktu itu cerah dan berkabut.. baru ketinggian beberapa ratus kaki saja pemandangan di bawah udah kabur ketutup kabut., awalnya agak kecewa karena pasti gak bisa liat pemandangan di bawah dan pastinya Merapi. Sampai akhirnya di ketinggian 3000 m (kalau disamakan dengan tinggi puncak merapi), pesawat masih dalam kondisi take off, tiba-tiba cuaca di atas cerah, dan tampaklah puncak gunung Merapi yang menakjubkan bersanding dengan gunung Merbabu, dan ada sekitar 4 puncak gunung lainnya yang terlihat di sekitarnya.. Subhanallah! Buru-buru saya ambil kamera dari tas, langsung jepret-jepret, orang di belakang saya juga udah ambil posisi motret, bedanya dia pake kamera DSLR sedangkan saya cuma kamera poket biasa..pasti hasilnya jauh lebih bagus punya dia T_T (mupeng). Hm, tapi tak apalah dapet kursi nomer 4 dari belakang jadi terobati deh.
dibawahnya samar-samar terlihat kota jogja



gak ngiklan lo ya hehe

Sunday, August 14, 2011

jelajah Pantai : rimbun nya Pantai Kuwaru (Bantul, DIY)

Tiba-tiba pengen makan seafood di pinggir pantai, bosen di pantai Depok yang jadi langganan, kita nyoba pantai lain di daerah Bantul, namanya Pantai Kuwaru, pantai ini menyediakan pasar ikan mini dan tempat masak juga mirip pantai Depok. Karena belum pernah ke pantai ini sebelumnya, dengan modal nekad dan modal petunjuk sederhana dari teman, jadilah kita berangkat..

Rute yang kita lewati adalah lewat jl. Bantul.. teruss aja.. sampe jalan Samas.. (FYI, pantai Kuwaru itu masih selingkungan sama pantai Samas) jadi ikutin aja petunjuk jalan ke arah Samas, maka anda akan dihantarkan juga ke pantai Kuwaru..
Kalo dari jl Samas ada 2 jalan yg menuju pantai ini, kalau lurus terus nanti lewat Gerbang Wisata Samas n kena retribusi, atau bisa juga nanti kl udah di jl Samas ada belokan ke kanan (yg keliatan petunjuknya pantai Gua Cemara..n Pantai Kuwaru /agak ketutupan ). Pas rute pulang kita milih lewat jalan yang berbeda dari jalan masuk, dan tembusnya ternyata udah di jalan Samas itu jadi gak ngelewatin gerbang wisata Pantai Samas

kemarin karena kita gak liat papan petunjuk Pantai Kuwaru itu, jadilah kita bablas terus lewat Gerbang Wisata Samas (kyk gerbang masuk Parang Tritis).. kita ditarik retribusi per orang 2000 rupiah motornya 1000 rupiah juga.

Sepanjang perjalanan mencapai pintu Gerbang Wisata Samas ini, kita disuguhkan pemandangan desa yang sangat desa.. bener dehh.berasa pulang ke rumah mbahku.. kerasa banget dari jalan raya yang besar, kemudian menyempit dan kiri kanan jalan hanya sawah dan saluran air untuk irigasi..kebetulan pas lewat, lagi musim panen, angin nya kenceng banget dan banyak biji padi yang dijemur di pinggir jalan jadi malah ikutan terbang-terbang, kasihan bapak petaninya sibuk ngerapiin.
Sampai di gerbang Wisata Samas dan bayar retribusi, kita lanjut mencari pantai Kuwaru yang sampai waktu itu kita blom tau arah mana.. sempet nyasar juga dan melewati beberapa pantai.. ada pantai Cemara, pantai (lupa namanya) disitu ada mercusuar nya. kyaknya keren kalo foto2 di situ. sayang pas habis dari Kuwaru kita kesorean, jadinya gak sempet ke pantai itu deh.

Ini adalah beberapa penampakan dari Pantai Kuwaru :



pantai Kuwaru


bisa sewa ATV


rimbun di bawah Cemara Udang



Pantainya gak seluas depok, tapi isinya lumayan padat. Warna pasirnya abu-abu dan sayang pantainya gak bersih. Ada larangan untuk tidak berenang di pantai karena ombaknya yang besar. Di sepanjang pinggir pantai ditanam Cemara jenis Cemara Udang (sepertinya tanaman ini yang bikin Kuwaru jadi cantik, kalau gak ada tanaman ini kayaknya pantai ini jadi sepi pengunjung).

Fasilitas di pantai ini adalah kolam berenang mini untuk anak-anak, banyak depot makan seafood dan bisa beli bahannya langsung di pasar ikannya, konsepnya persis seperti pantai Depok. Bedanya pasarnya disini cuma sedikit. Di pantai ini juga bisa sewa ATV keliling pantai.

Makan siang kita beli ikan, cumi dan udang., dimasak di rumah makan sekitar situ. banyak kok rumah makannya, tinggal pilih tempat dan rasanya palingan beda-beda tipis. Bisa pilih masak apa, bisa di saus tiram, saus kuning, bakar, goreng tepung, dll.

keywords : pantai Kuwaru Bantul