Thursday, August 19, 2010

Ullen Sentalu

Ullen Sentalu, 2010
Ullen Sentalu
mungkin belum se-familiar orang-orang mengenal malioboro
Ullen Sentalu adalah museum Jawa milik swasta, denger kata museum pasti identik dengan kata 'bosan' tapi ini gak berlaku untuk Ullen Sentalu
Museum yang letaknya di Kaliurang atas, Yogyakarta ini dirawat dan ditata sedemikian cantiknya, ditambah guide yang gak pernah putus ceritain asal mula tari-tarian, kehidupan keraton, lukisan-lukisan, arti dari setiap motif batik sampe surat2 curhatan salah satu putri keraton diceritain dan dipajang disini.. (yak,museum Jawa ini memang isinya kebanyakan tentang koleksi keraton Yogya dan Solo)

Harga tiket masuknya 15.000 (buat pelajar dan mahasiswa *tunjukin KTM/kartu pelajar) atau 25.000 untuk umum, pengunjung sudah bisa menikmati tur yg ditemani guide, pemandangan indah, suasana yang nyaman dan menikmati minuman khusus racikan putri Keraton yang konon katanya bisa bikin awet muda (hehe..kl kata ku sih ini ramuan wedang jahe pake gula batu ama daun pandan)

Memang sih, harga tiketnya relatif lebih mahal daripada harga museum lainnya tapi servis dan isinya gak mengecewakan. (sambil berharap museum2 milik negri bisa nyontoh Ullen sentalu jadi kunjungan ke museum gak boseni)

-------

How to get there?
dari jalan kaliurang naik aja terus, sampe di gerbang wisata kaliurang itu.. nanti ada pertigaan taman dengan patung udang ditengahnya, belok kiri.. terusss aja naik, (jangan turun) nanti ada papan petunjuk museum Jawa atau batik. nah belok kiri, lagi.. kalo takut nyasar tanya aja penduduk sekitar. (ingat malu bertanya, tersesat. hehe) Sekitar Ullen Sentalu banyak vila-vila kosong dan agak sepi jadi agak horor


Museum ini buka dari Selasa sampe Minggu sampe jam4 sore..Senin tutup
Ada larangan untuk tidak mengambil foto selama tur berlangsung dan tidak mengambil foto di tempat-tempat tertentu (khususnya di dalam museum)

informasi lebih lanjut kunjungi situs resminya http://www.ullensentalu.com/

Sedikit update informasi, tahun 2012 ini saya berkesempatan lagi ke Ullen Sentalu, sudah ada penambahan berupa restoran dan toko souvenir di dalamnya



ullen sentalu, 2012




No comments: