Thursday, January 12, 2012

Fun Rafting di Sungai Elo

Musim liburan pas musim hujan gini paling pas buat RAFTING ! boso indonesiane Arung Jeram..debit air yang lagi tinggi dan arus sungai cukup lumayan, inilah yang dicari.

for your information, di yogya dan sekitarnya ada 4 sungai yang populer dijadikan sebagai arena rafting, mereka adalah sungai Elo, sungai Progo Atas, sungai Progo Bawah (kalau gak salah sekarang masih ditutup karena terkena dampak aliran lahar dingin Merapi), dan Sungai Serayu.Keempat sungai ini punya tingkat kesulitan yang berbeda-beda

Untuk para pemula (termasuk saya dan teman-teman), pilihan rafting jatuh pada sungai Elo di kawasan Magelang (lokasinya dekat dengan candi Borobudur).
Meeting point kita di hotel  (yang nantinya kita gunakan untuk ganti baju, mandi, dan makan siang).. setelah siap semua kostumnya, kamera udah dititip ke panitia, pake lotion anti matahari, dan nyeker (bagi yang males sepatunya basah dan gak punya sepatu sendal) kita berangkat pake jemputan angkot rame2 ke tempat start.. lumayan jauh jaraknya karena tempat finnishnya deket sama hotel.

Sampai di tempat start., briefing dulu.. sedikit pemanasan, pakai pelampung - helm,  pembagian tim (1 perahu idealnya di isi 6 orang + 1 orang pemandu, total 7 ornag) dan yang paling penting adalah mendengarkan instruksi pemandu termasuk cara mendayung, pengenalan beberapa istilah mendayung, dan petunjuk keselamatan !
Menurut pemandu, kami akan mengarungi sungai Elo sepanjang 12km dan melewati 26 jeram, waktu tempuhnya bisa sekitar 2jam tapi tergantung arus sungainya.
Sungai Elo ini gak seseram yang dibayangkan, sungainya cenderung datar dan jeramnya juga gak menakutkan, masih ada bagian yang tenang jadi bisa buat cebur-ceburan. Sungai ini masih dijadikan fasilitas warga setempat untuk mencuci, mandi, merenung, mancing dan juga buang air sodara-sodara!! jadi jangan kaget pas melintas di sungai ini terlihat pemandangan yang agak 'syur' karena lumayan banyak simbah-simbah yang mandi di pinggir sungai haha

 best capture!

kejar mengejar perahu

Setelah kira-kira menempuh setengah perjalanan, kita menepi lagi, untuk istirahat sambil menyantap snack dan (seharusnya) degan. Lanjut perjalanan, berpose pas lagi ada kamera, battle antar perahu, cebur-ceburan dan sedikit game. sekitar 1,5jam kita udah sampai finnish, lebih cepat dari biasanya karena arusnya lumayan kenceng akibat hujan semalam, dijemput angkot lagi basah-basah ke hotel, mandi, terakhir makan siang.

Jangan lupa bawa :
  1. Baju ganti
  2. Alat mandi
  3. Kamera
  4. Sunblock (yang gak punya minta aja)
  5. Sendal-sepatu (kalo gak punya nyeker)
  6. Yang berkacamata, asal kenceng dan bingkainya gak ringkih masih bisa di pakai


keywords : Rafting, Arung Jeram, Sungai Elo

1 comment:

arung jeram serayu said...

salam kenal semuanya

Bosan tempat wisata yang biasa-biasa saja atau kurang menantang? Mari rasakan sensasi wisata arung jeram di sungai serayu banjarnegara bersama kami Arung jeram serayu untuk informasi silahkan kunjungi website kami www.arungjeramserayu.com

pin:3135D400
telp : (0286) 5833313
mobile: +6285247097777