Friday, January 18, 2013

Kota Tua : Menilik Sejarah di Jakarta





Jakarta, ibu kota Indonesia (anak sd juga tau). Liburan ke Jakarta, jangan hanya shopping atau main ke Dufan aja. Jakarta juga punya tempat yang dikonsentrasikan untuk budaya, selain Taman Mini Indonesia Indah, dia adalah Kota Tua.

kantor gubernur di masa 'itu' - sekarang Museum Fatahillah
Kota Tua merupakan suatu kompleks bangunan peninggalan era Belanda, mulai dari kantor Gubernur, museum wayang, sampai beberapa pub/cafe yang sepertinya masih aktif. Pun, banyak pedagang kaki lima yang berjualan di sini, mulai dari es lilin, soto betawi, sampai kerak telor, komplit dijajakan di sini.

banyak kaki lima yg meramaikan


Selain itu di Kota Tua ini disediakan Sepeda Onthel modern yang di sewakan untuk sekedar berkeliling atau untuk tur ke wilayah sekitar Kota Tua. Paket Tur termasuk guide, waktu tahun 2009 dihargai kalau gak salah inget 30.000- sudah termasuk 1 sepeda dan bisa digunakan berdua. Wilayah yang dijelajahi antara lain Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari, Menara Syah Bandar, Jembatan Tarik Kota Intan dan area di sekitar Toko Merah. Sepanjang perjalanan, bapak guide nya tanpa henti menjelaskan sejarah dan dengan senang hati pula mengambil gambar kita. Top Pokoknya. Cerita selanjutnya biar gambar yang bicara ya :D

lets bike around the town!



Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Kota (Masih aktif hingga sekarang)

aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Sunda Kelapa. Kalau beruntung bisa naik ke atas kapal

Museum Bahari, Kota Tua - Jakarta 



Museum bahari berisi koleksi kapal dan perlengkapannya kala itu, si bapak hapal banget sejarahnya
Jembatan Tarik Kota Intan, bisa di tarik kalau dulu ada kapal yang lewat

Di sekitar Kota Tua ini juga ada Museum Bank Mandiri, lain kali disempatkan ke sini. Transportasi ke sini waktu itu saya dkk pakai KRL yang turun di stasiun Jakarta Kota (by the way, di stasiun ini rel ber-mula)

No comments: