Senin, 27 Mei 2013

Mission to Karimun Jawa (Part 1) : How to Get There




Akhirnya setelah sekian lama berencana, kesampaian juga menginjakkan kaki di kepulauan bagian utara Jawa Tengah ini. Karimunjawa. Rasanya tidak sedikit yang sudah mengetahui keberadaan dan potensi wisata yang dimiliki pulau ini, mulai dari keliling pulau, menikmati pantai dan lautnya yang masih bersih, sampai spot snorkling dan diving yang memukau. Sedikit prolog pengenalan tentang karimunjawa, karimunjawa merupakan salah satu kecamatan dari kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Terdiri dari keseluruhan sekitar 27 pulau kecil, dengan satu pulau besar yang dihuni dan memiliki peradaban roda perekonomian yang berjalan.



Mencapai karimunjawa dapat melalui dua jalur transportasi, yaitu laut dan udara.  Jalur yang paling umum digunakan adalah jalur laut, kapal umum yang beroperasi yaitu dengan KM Muria (waktu tempuh kurang lebih 6 jam) atau KM Bahari Ekspress (kurang lebih 3 jam), dua kapal ini berangkat dari Pelabuhan Kartini, Jepara dan tidak setiap hari berangkat. Ada lagi KM Kartini, berangkat dari yang berangkat dari Semarang. Sedangkan jalur udara, jarang digunakan mengingat belum ada maskapai penerbangan umum yang mencapai karimunjawa, jadi harus sewa pesawat (kebayang kan seberapa mahal). Jadwal kapal bisa berubah tergantung cuaca, silahkan googling untuk kabar ter-update



Lalu gimana mekanisme trip di Karimun Jawa?  Lebih baik ikut paket tur atau merencanakan sendiri?

Awalnya kami ingin ber-wisata mandiri di karimunjawa, tapi setelah dihitung-hitung budget selama di karimunjawa seperti sewa kapal, makan, penginapan, dll dan totalnya beda-beda tipis sama harga paket tur termurah yang ditawarkan agen wisata. Diperkuat fakta bahwa ini pertama kalinya kami pergi ke karimunjawa.  Akhirnya kita putuskan untuk ikut paket tur. Harga paket pun bervariasi dari range 500ribu – jutaan rupiah, semuanya tergantung fasilitas yang ditawarkan. Tur kemarin kami percayakan pada tim wisatakita.com dengan jumlah yang dikeluarkan sebesar 620 ribu rupiah

Berdasarkan survey, kalau berangkat tanpa ikut paket tur
  • sewa kapal (paling kecil kapasitas 10 orang) per hari 350.000 , makin penuh patungannya makin murah, kalau gak penuh jadi mahal.
  • sewa snorkling perhari 25.000
  • penginapan homestay + makan, per hari bisa 70.000 – 90.000
  • Tiket ekonomi Muria 28.500/ Tiket VIP Muria 78.000/Tiket Bahari Ekspress 86.000
  • belum fee pemandu
  • Kalau di total jumlahnya gak beda jauh sama yang ikutan paket tur, hampir 600ribu juga


Dari pengalaman empiris di atas, saya rangkum kesimpulan sebagai berikut :
  • Kelebihan pakai paket tur, semuanya sudah diurusin dari makan, sewa kapal, dan lain-lain, kita tinggal liburan dan santai.. Kekurangannya, schedule harus ikut biro tur, kalau peserta kurang dari kuota minimal harga paket per orangnya bisa nambah. Perjalanan kemarin beruntungnya sudah ada lebih dari 10 orang yang sudah konfirmasi berangkat ikut tur tersebut, jadi kami tidak ragu lagi ikut, secara jadi gak perlu tambah budget.
  • Kalau mau wisata mandiri, lebih baik udah bawa rombongan 8-10 orang, biar gak susah cari barengan sewa kapal, terus bisa menschedule sendiri mau hopping island ke pulau mana saja.


Riwayat pengeluaran kira-kira seperti ini (backpacker tapi pengen enak ya jadi bengkak gini -_-‘)
  • Yogya – semarang by Bis Nusantara/Ramayana, dari Jombor Rp 35.000
  • Semarang – Jepara by Travel Putra Mandiri, Rp 30.000
  • Transport ke Meeting point @ Pelabuhan Kartini, Jepara. Kalau dari Terminal ke Pelabuhan pakai becak 10.000 berdua
  • Tiket PP VIP KM Muria, makan, penginapan 4 hari 3 malam, dokumentasi, sewa kapal, sewa alat snorkling, include harga paket @ IDR 620.000 (tergantung biro perjalanan)
  • Makan & Cemilan selama di Karimun 100.000 (kalau hemat bisa kurang)
  • Transport Jepara – Yogyakarta by Day Trans Travel, Rp 80.000
Cerita di Karimunjawa nya bersambung di Part 2 ya.. 



Yang harus dibawa :
  1. Sunblock, topi, sunglassess, atau peralatan sun protector lain
  2. Kamera, tripod (kalau mau ribet), underwater case (kalau punya). Di karimun ada tempat sewa case tapi katanya 200ribuan per hari
  3. uang tunai secukupnya (cuma ada bank/atm bri di karimun)
  4. baju secukupnya
  5. makanan secukupnya (walaupun ada warung di sana)
  6. obat pribadi secukupnya
"Jangan mengambil apapun kecuali gambar, Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak"




2 komentar:

Eko Nugroho mengatakan...

Gaya tulisannya keren!

Bagi yang ingin ke karimun jawa, kunjingi situs kami http://karimunjawamenjanganresort.com untuk info paket berlibur

Cantika mengatakan...

wisata di >> karimunjawa memang joss.!!
yuk tetap jaga kelestariannya dengan tidak memegang atau menginjak karang.
biar tempatnya tetap oke, alamnya senantiasa indah alami. info harga paket karimunjawa juga masih terjangkau, apalagi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan setelah menikah, cukup pilih paket honeymoon karimunjawa, cocok untuk 2 orang yang sedang berbulan madu dan untuk anda yang suka petualang, ada juga paket karimunjawa murah ala backpacker, enak to... dimana lagi ada yang semurah harga paket wisata karimunjawa disini.
informasi selengkapnya paket tour karimunjawa bisa juga cek sumbernya disini >> harga paket karimunjawa