Senin, 16 Januari 2017

fujikyu highland (Review)

Fujikyu highland, pertama kali saya temukan waktu browsing di japan-guide.com. icon roller coaster dengan gunung Fuji sebagai latar belakang sukses bikin saya penasaran. Ditambah lagi Fujikyu Highland merupakan rumah dari bebrapa roller coaster dengan predikat 'ter....' dalam buku rekor dunia

Kunjungan kami ke Fujikyu awalny masuk di hari ketiga sambil ke kawaguchiko lake, namun sayang hari itu adalah jadwal regular close bulanan. Yang membuat kami rearrange dan mengorbankan itin lain di hari berikutnya. Satu kesalahan karena gak cek web resminya sebelum berangkat. Beruntung kami punya tiket Tokyo Wide Pass jadi gak perlu mikir lagi masalah transport.

Untuk menuju fujikyu, transport yg dipakai sama seperti kawaguchiko. Bisa menggunakan bus atau train dari shinjuku via Otsuki Station. Ada semacam tiket promo bis yg d gabung dengan tiket masuk wahana dan harganya lebih murah (cek di webnya https://www.fujiq.jp).
Untuk train dari shinjuku staton naik limited express ke otsuki station. Dari otsuki lanjut naik fujikyu train, seperti yg pernah saya bahas di posting sebelumnya train Fujikyu ada 2 jenis yaitu reguler & ekspress . bedanya kl ekspress lebih cepat sampai karena hanya berhenti di 3 stasiun yaitu Mt Fuji st, Fujikyu St dan Kawaguchiko St. Keretanya juga lebih bagus dan desaign unik. Kereta juga akan jalan melambat di spot terbaik melihat mt.fuji.

Interior klasik Fujikyu Limited Ekspress (c) by : Iin Setyasari

Kereta berhenti tepat di depan gate masuk Fujikyu Highland dan kami langsung memutuskn untuk beli 1-day pass (5700¥) sebelumnya kami diingatkan sama penjual tiketnya, kamu yakin beli pass? Soalny waktu tunggu wahana bisa 2 jam lebih, karena udh jam 11 siang biar gak rugi. Tapi tetep yakin beli 1-day pass πŸ˜‚. Catetan buat yg kira-kira gak hobi main ekstrim mending beli yg 3-ride pass aja atau beli tiket printilan kl gak salah 1000¥ per ride belun termasuk entrance fee.

Fyi, semua wahana di fujikyu ini 80% ekstrim, dengan 4 roller coaster, wahana-wahana dengan ketinggian. Ada juga wahana horor dan juga sebagian kecil wahana bermain anak.

Karena belum hapal nama dan bentuk roller coasternya kami jalan random aja dan menuju antrian panjang yg ternyata wahana Eejanaika tapi antrian mengular dan info waiting timenya 2jam lebih. Lagipula ini wahana yg palinh bikin pusing sepertinya karena jalannya mundur dan diputer-puter naik turun, jadi skip dulu dh cari yang agak mendingan utk pemanasan πŸ˜‚

TAKABISHA
Bergabunglah kami dalam antrian panjang (yang agak 'mendingan') Takabisha. Kami antri sekitar 1,5 jam. Perut laper mau makan tapi takut mual pas naik roller coaster.
Takabisha adalah salah satu roller coaster yang dapet predikat "World Steepest Roller Coaster", karena punya free fall 121° dan juga 7 loop.

Saatny giliran kami, semua barang yg menempel seperti jam, kalung, kacamata dan tas wajib di taroh loker sebelum naik, kami yang berjilbab dikasih jaket khusus (semacam running jacket) untuk mencegah jilbab kita lepas & terbang.



Review:
Keretanya cuma ada 2 lajur (3 kursi depan, 3 kursi belakang) and here we go! Deg-degan pastinya apalagi track awal langsung gelap, masih aman sampai kami dikagetin karena turun mendadak dalam kegelapan.. Sisanya pasrah.... Takabisha langsung melaju dan membuat kita berputar tanpa ampuun ! Saking parahnya saya sampe ga bisa teriak lagi sampe gak kerasa air mata keluar πŸ˜‚πŸ˜‚bukan nangis sih, kayak kita kalau ketawa bangey itu lo air matanya. Ini kepala n leher sampe ga bisa tegak karena ngelawan gaya. Puncak penderitaan adalah saat kereta nanjak 90° secara perlahan. Aduh itu udah gak bisa dideskripsiin, cuma bisa liat langit sambil pasrah. Temen saya si iin, udah heboh nyebut aja dari tadi. Sampe puncak, kereta di stop dulu beberapa detik biar ada efek digantung. Abis tu di hempas lah kita meluncurr bebas, nukik ke bawah.. Amppuuunn ini rasanya udah kayak kelempar ke udara, bokong dah ga nempel di kursi, badan rasanya dah mo kebalik tapi ketahan sama sabuk pengaman. Parah pokoknya, abis dihempas eh masih di puter-puter lagi. Speechless.....

Link youtube POV Takabisha
https://youtu.be/WzS

FUJIYAMA

review :
Hmm kalau diliat bentuk kereta dan relnya sih kayakny gak sehoror Takabisha. Tapi yang heran kok penumpangnya pada tepuk tangan ya pas mau turun. Lets see.. Tiba giliran kami, barang dititipkan d loker, yang berjilbab tetep dipakein jaket khusus. Keretanya panjang dengan 2 kursi per lajur. Pengamannya cuma sabuk daan pegangan doang (gak ada pengaman badan/dada kayak Takabisha) soalnya emang relnya gak berloop tapii tetep aja kan HOROR πŸ˜‚

Petugas memberikan hi-five sambil melepas keberangkatan kami.. Dan kereta langsung nanjak pelan ke ketinggian 70 meter, so far so good sambil nderedek kalau liat ke belakang. Abis itu meluncur cepatt daann ternyata Fujiyama tidak bisa di remehkan! Ampun cepet banget, mana badan kepental sana sini pas belok πŸ˜‚ dan lagi-lagi kepala dan leher saya tak kuasa menahan gaya, maju ke depan kehempas ke belakang, ada tanjakan kejengkang kebelakang. Parahnya ini roller coaster gak selese-selese rasanya karena memang paling lama di antara yg lain hampir 4 menit. Fyuhh. Gak berlebihan kl pada ngasih applause pas selesai permainan karena emang sukses bikin kita sport jantung.

Link youtube POV Fujiyama https://youtu.be/Xx4


Roller coaster Dodonpa yg masuk dalam rekor tercepat sedang dalam perbaikan, dan Eejanaika, roller coaster (4th dimension roller coaster) paling serem karena jalan mundur terus di puter-puter antriannya sudah di tutup karena cuaca mendung. Syukurr, ada alesan gak naik Eejanaika πŸ˜‚  di Fujikyu semua tergantung cuaca, antrian bisa saja d tutup tiba-tiba karena cuaca buruk.


Selanjutnya Red Tower semacam Hysteria kalau di trans studio bandung tapi lebih tinggi, antriannya jg dikit banget. Tingginya cukup bikin kaki dan tangan saya keringet dingin kl liat kebawah

FUJI AIRWAYS
Selain wahana ekstrim, ada juga yang non ekstrim, salah satunya fuji airways, antrian cukup lama 45 menitan. Dann sangat worth & recommended ! Gak kalah sama 4K nya harry potter di USJ. Disini kita di ajak seolah-olah terbang pake pesawat ke gunung Fuji, lengkap dengan sensasi manuver terbang, angin, percikan air, dan harum bunga-bunga saat melintasi kebun bunga. Kereenn !

Sayangnya kami gak kebagian masuk Haunted House nya karena udah keburu gelap dan antrian udah d tutup. Ini jg masuk rekor rumah hantu terseram. Dan masih banyak wahana seru dan ekstrim lainnya. Tinggal kuat-kuatin antri sama kuat mental aja πŸ˜‚. Overall saya puas sih kesini walaupun sebagian belom dicobain. Pecinta adrenaline-rush wajib banget kesini!

Beberapa tips untuk berkunjung ke Fujikyu highland

1. Cek jadwal regular close di webnya. Jangan sampe udah jauh-jauh malah tutup. Fujikyu bisa aja tutup mendadak karena alasan cuaca terutama wahana dengan ketinggian https://www.fujiq.jp

2. Dateng pagi banget kalau bisa jam 9 udah sampe jadi banyak waktu untuk antri.

3. Hindari weekend, gak weekend aja antrian udah bejibun. Ekstrem ride populer bisa antri 1.5 - 2 jam!

4. Ada aplikasi android untuk cek waktu antrian, udah close atau belum, informatif bgt biar tau prediksi lama antrian. Search Waiting Time Fujikyu Highland di Play store













Tidak ada komentar: