Sunday, March 17, 2019

Lauterbrunnen, desa indah di balik lembah

Setelah stay 2 malam di Grindelwald, tujuan kami selanjutnya adalah Munich, jerman. Tapi sebelum turun gunung, kami memutuskan untuk kembali ke Interlaken lewat Kleine Scheidegg dan Lauterbrunnen (via Wengen), karena konon pemandangan kereta jalur wengen-lauterbrunnen itu 'a must see' jadi mari kita buktikan.

Fyi, rute kami hari itu adalah Grindelwald - Kleine Scheidegg - Wengen - Lauterbrunnen - Interlaken Ost - Zurich (utk kemudian lanjut kereta ke jerman). Sebenarnya dari Grindelwald bisa langsung ke interlaken ost tapi sayang kan kl lauterbrunnen yg masih 1 wilayah dilewatkan. Yah, meski jd agak extra beli tiket transportnya, kan mumpung udah di sini 🙈


Pagi itu kami di antar oleh bapak pemilik rumah chalet yang kami tempati, ke stasiun Grindelwald Grund. Cuacanya sedikit mendung dan gerimis menambah tingkat kedinginan, brr sampe2 keluar uap dari mulut waktu bicara. Setelah beli tiket menuju Kleine Scheidegg seharga (sudah dipotong 25% krn punya Eurail Pass) sy lihat2 souvenir magnet utk koleksi tapi harganya mahaall bgt 😅 termurah 10CHF, dan ternyata harganya emang sama mahal nya mau di gunung mo di kota. Jadi kl pas lg di atas mau beli tempelan magnet unik mending beli aja, krn kl di kota gak banyak juga variasinya. Sy nyesel gak beli pas di atas.

Letak kleine scheidegg lebih tinggi daripada Grindelwald, jadi selama perjalanan kereta terus naik. Kleine Scheidegg, adalah perhentian bagi yg mau lanjut ke Jungfraujoch (Top of europe, titik tertinggi eropa tempat nya salju apapun musimnya). Di sana juga ada titik utk hiking, dan bisa juga mendaki dari grindelwald ke kleine scheidegg. Tiket kereta dari kleine scheidegg ke Jungfraujoch cukup mahal ... chf. Rata2 turis banyak yang turun dan ganti kereta menuju jungfraujoch. Kami memutuskan tidak naik ke sana karena harus lanjut ke jerman sorenya, gak bakal sempat. Jadi cuma liat2 sekitar stasiun aja, itupun suhu udah dingin banget karena altitude jg bertambah, gak kuat lama2 diluar. Brrr. Kami langsung masuk ke toko souvenir aja sambil liat2 + angetin badan.

Kleine scheidegg

Kleine scheidegg station & train to Jungfraujoch

Berasa deket ama saljuu


Beli tiket menuju Lauterbrunnen (via Wengen). Tak banyak orang di gerbong waktu kami naik dari Kleine Scheidegg. Dari titik ini,kereta mulai berjalan turun, matahari mulai keluar dan cuaca tiba2 cerah dengan langit yang biru. Kita duduk di sisi kiri, deretan punggung gunung mulai hilang saat mulai masuk desa Wengen. Dan dari sini mulai banyak turis yg naik kereta menuju Lauterbrunen. 


Bye Grindelwald


Gerbong masih sepi

Masuk Lauterbrunen, pemandangan desa mulai tampak. Bedanya, kl di grindelwald di atas gunung dgn banyak view gunung yg indah, maka Lauterbrunnen letaknya di antara lembah-lembah cantik dengan air terjun yg menghiasi ceruk lembah. Sedangkan Wengen, di lereng antara gunung dan lembah. 


Menuju Wengen

Perjalanan dari Wengen ke Lauterbrunen ternyata memang bener cantik, kl gak sempet mampir turun, kita lewat aja pake kereta pemandangannya udah memanjakan mata 😭. Kenapa swiss sebegitu cantiknya sih??!


Wengen to Lauterbrunnen

Kurasa ingin guling2

Lauterbrunnen dari kereta aja udah begini

Kami menyempatkan turun sebentar di Lauterbrunnen utk melihat Staubach Fall yg legend itu. Yah sejenis paradise fall di film UP itu lah. Dan katanya lauterbrunnen adalah rumah dari 70an air terjun yang serupa.

Staubach Fall dari kejauhan
Kuburan dgn view terindah kyknya

Lovely 😍

Setelah cukup puas, kami kembali lagi ke stasiun dan beli tiket menuju Interlaken Ost, lalu Zurich untuk ambil koper yang kami tinggal di loker stasiun.





2 comments:

Della Siregar Silo said...

hallo sis mau tanya
aku Della kepengen banget pny impian ke eropa
dan tujuan utama ku ke tempat yang kamu kunjungi ini sis (tentunya nabung keras dulu wkwk)
aku boleh tau aku medsos kamu sis utk tanya ? atau jika berkenan minta line.id or WA hihiii..

makasih ya sebelumnya

alamkuindahsekali said...

Hi della salam kenal.. amin amin semoga terwujud . boleh banget bisa mampir ke ig @apriliamega 😊