Sunday, August 25, 2019

(Scam) Semalam di Prague

Perjalanan kereta dari Munich ke Prague ditempuh cukup lama yaitu sekitar 5 jam .
Sampai di st prague ( hlavni nadrazi) sekitar jam 8an malam, karena cuma semalam di praha kami menyimpan koper di loker stasiun saja, dan membawa baju seperlunya utk malam itu. 
Di prague, masih pakai mata uangnya sendiri yaitu koruna (CZK). Kalaupun mau pakai euro bisa juga tapi nanti dikasi kembaliannya koruna mirip kyk di swiss, tapi gak semua tempat nerima euro biasanya di daerah wisata saja.

Locker penitipan barang d stasiun ternyata wajib pakai koruna, karena males narik atm, jadilah kita tuker euro di money changer di dalem situ. Ternyata pas liat notanya, dia ngambil fee nya itu hampir 22% sendiri huhu berasa abis di rampok secara legal.  Rate nya si bagus, service chargenya gede. Ini mah sama aja. Belakangan tau kl d prague ini kudu hati2 cari exchange karena rawan scam, dan kursnya pada jelek2 banget, dan per 2019 czech punya aturan baru yaitu bisa minta uang kembali dalam waktu 3 jam kl gk cocok sama ratenya, which is tetep juga dilanggar sama money changer
22% service fee 😭

Untungnya kita gak banyak nukernya. Lokernya sendiri cukup murah, per 24 jam kena 100czk, 1 loker besar bisa muat 2 koper ukuran kabin jadi bisa lebih hemat beb.

Keluar dari pintu stasiun, kami langsung ikutin arah gps ke penginapan bnb kita, lokasinya gak jauh dari stasiun cuma 300mtr aja. Cuma ini kok drtd gpsnya malah muter-muterin gak jelas, hampir hopeless krn udah malem dan agak sepi, kita iseng tanya taksi  di stasiun kalau ke hotel ini kena berapa, dia langsung nunjukin semacam daftar tarif kl daerah itu masuk zona Old Town, jadi kisaran 400ribu rupiah lah itu. Ebuset 300meter doang masa 400k πŸ˜…. taksi dari stasiun gak berlaku argo, pokoknya ring Old Town mau jauh atau dekat ya segitu. Duh ogah deh, akhirnya andalin gps lagi sambil goyang2in hp biar sinyalnya stabil, dan ternyata lokasi hotelnya itu tinggal nyebrang! Sungguh teganya pak supir tadi, untung gak pasrah kena tipu πŸ˜…

Ok jadi ada 2 tips saat d prague:
1. Hati-hati memilih money changer
2. Hati-hati kalau naik taksi ! Karena mereka suka ngecas gak pake argo seenak jidat.

Coba tonton video HonestGuide ini dia banyak ngulik ttg scamming money exchange, atm dan taksi! Gue baru nemu pulang europe trip πŸ˜‚


Kami nginep di Cityspot hotel, dia semacam apartemen kecil, tapi kamar2nya di sewain utk nginep lengkap pula fasilitasnya, ada microwave, dan kitchen set. Dari luar keliatan bangunan tua dan lama tapi dalemnya udah disulap modern, nyaman dan pastinya murah!

Besoknya kami langsung checkout (kunjungan singkat di praha cuma 1 hari doang),krn sore kita akan menuju Berlin. Dan selama setengah hari itu kami keliling tipis2 lah di bagian Old Town Prague. Jadi prague tuh di pisahkan sungai dan dibagi jadi Old Town dan New Town. 

Agak susah cari public transport di area ini, jadi kita jalan kaki aja 

Pagi itu kita ke Astronomycal clock (liat depannya doang) yang udah penuh sama orang2 yg pada ngeliat dari depan, sepertinya nungguin jam ny gerak tiap 1 jam sekali.


Menyusuri jalan kecil penuh toko-toko unik di sepanjang jalan ke charles bridge, sambil nyicip kue  cinnamon bolong isi coklat namanya TRDLO


Sampe di charles bridge kita naik k towernya bayar 100czk per orang

Gloomy
View dari charles bridge tower

Prague gloomy bnget hari itu, mendung dan gerimis. Pas banget ada yg jual jagung rebus, sama kentang spiral goreng. Nikmat dimakan selagi anget, walaupun angetnya bentar doang karena kalah ama cuaca dingin πŸ˜….

Abis itu kita ke Dancing House building yg lumayan jauh 1km an, pulang nya kita balik ke charles bridge pake tram  (gak bayar, nakalπŸ˜‚)


Lalu balik ke stasiun sambil Menyusuri jalan2 yg penuh toko2 lucu lagi dan beli barang yg diincer tadi pas berangkat. Selama di yurop, prague ini paling unik2 souvenirnya, lucu2 mulai dari kartu pos dan magnet unik, music box aneka lagu dari musik klasik sampai harry potter, kartu pos yg bisa diputer di piringan hitam, mug vintage dngn lukisan prague sampai teh cannabis! Dan harganya cukup terjangkau, rasanya pengen beli semuanyaa, kecuali yg cannabis yak ntr gue di tangkep pas masuk indo πŸ˜‚.


Pas lewat dkt stasiun ada restoran india halal, mampir bentar dh untuk take away nasi briyani, cek harga menu dan bener ternyata eropa tengah lebih murah drpd eropa barat.


Setengah hari rasanya kurang cukup di praha. 



Piano di Hlavni Nadrazi st. yang bebas dipakai siapa aja



No comments: