Selasa, 14 Februari 2023

Transportasi ke Johor baru dari Singapore

Kunjungan ke singapore kali ini, kita melipir ke Johor Baru malaysia lewat darat.

Untuk Menuju Johor Baru dari SG, ada 2 titik penyebrangan dari Singapore yaitu Woodland checkpoint dan Tuas Link. Kalau saya kemarin lewat jalur Woodland checkpoint menuju Johor Baru Checkpoint

Pilihan transportasi dari SG ke johor baru dan sebaliknya adalab sbg berikut
1. Bus umum
2. Train ktmb
3. Taksi carter atau mobil pribadi

1. Bus umum
Merupakan pilihan transport paling murah
Dari pusat kota misal sebelumnya naik MRT bisa turun di MRT WOODLAND atau MRT MARSILING, lalu pindah ke bus cari jalur 950. 


Saya kemarin lewat mrt marsiling, lalu nyebrang ke halte bus opp Marsiling stn,utk lanjut naik bus jalur 950. Karena weekend, hari sabtu meski berangkat dari lavender jam 8 pagi sampai situ busnya suka penuh. Kita nunggu 2x baru bisa naik bus yg agak longgar. 

Bus akan berhenti di woodland checkpoint ini adalah gedung imigrasi keluar dari SG, turun dari bus dan jalan kaki masuk gedung ini akan di cek paspor ya.. akan ada antrian tapi nggak lama. Saya kemarin sekitar 10-15mnt aja. Selesai imigrasi, turun gedung langsung naik bis lagi tujuan johor baru checkpoint, kayakny bis ini cuma wara wiri antar imigrasi ajaah (causeway link bus).. gak nyampe 10menit nyebrang jembatan penghubung Singapura island dan Malaysia (johor baru). Nyampe di tanah malaysia, turun bis lagi lalu masuk gedung pemeriksaan imigrasi masuk Malaysia. 

Bus causeway link yg wara wiri antar imigrasi

Nyebrang jembatan penyebrangan antar imigrasi


Nah di malay ini, wni agak ketat ditanyainny ya guis, pasti ditanya tinggal dimana, keluar malay lagi kapan, bisa kasi tunjuk tiket pulangnya tidak? Kayakny mereka antisipasi ada pekerja ilegal sih. Kelar cek imigrasi, turun dan keluar gedungny agak2 membingungkan karena minim petunjuk. Mending ikut arah aja ke Bandaraya itu pasti di bawa keluar ke arah terminal JB sentral. Kl udah di terminal bebas deh pilih bus mau kemana, suasananya mirip kayak terminal di indo banyak yg teriak2 nawarin jurusan bisnya. Deket situ juga udah bisa pesan grab

*catatan : kalau naik bis antar imigrasi sepengamatan saya bebas naik2 aja deh yg penting bisa bayar karena bisnya pasti akan berhenti dulu utk nurunin penumpang di gedung imigrasinya (checkpoint)


2. TRAIN KTMB
ini pilihan cepat dan gak ribet kl mau lintas singapore dan johor baru sih.. jadi bisa ke johor baru lewat shutle Tebrau namanya. Lokasiny masih 1 area sama woodland checkpoint. 
Point plusny dy in out gak perlu antri cek imigrasi, karena pas beli tiket itu udah pakai paspor
Poin minusnya ini tiket kereta h-4 pasti udah ludes terjual terutama kl wiken. Bisa pesan lewat aplikasi ktmb mobile

3. Taksi carter atau mobil pribadi
Grab/ gojek nggak bisa dipakai lintas negara ya guis, udah aku coba 😅. Kl taksi carter bisa tp sopasti mehong kl di SG. 
Nah kl pakai kendaraan pribadi gak perlu turun kendaraan dan antri ikut orang2 gitu ya . Karena antrianny drive thru kayak antri tol. Kira2 lebih cepet apa nggak y? Hm tergantung si, kl wiken kemarin antrian mobil nya jg lumayan panjaang



Kalau dari arah Johor Baru ke Singapura, urutannya sama yaah. Tinggal dibalik.
Tapi untuk masuk singapura, sampai tulisan ini dibuat. Wajib isi Singapore Arrival Card secara online di web/aplikasinya. Kalau kita lupa isi petugas imigrasi gak akan izinkan masuk, dan kita tetap disuru isi dulu. Ini yg  bikin antrian masuk SG agak lama ya. Karena banyak yg lupa isi.

Untuk biaya transport Bus dan MRT di singapore ini saya nggak bisa rincikan ya. Karena saya pakai kartu jenius yang bisa tap,  jadi sistem hitungnya di akumulasi dalam sehari gitu.

Total naik transport dalam sehari PP singapore - johor baru sampai terminal jb sentral
- MRT Lavender ke mrt marsiling
- bus ke woodland checkpoint 
- bus ke johor baru checkpoint (nyebrang antar imigrasi pp/ bus causeway link) 
- bus dari woodland check point ke MRT woodland
- pulang dari MRT woodland ke Mrt lavender
 Total kurang lebih usd 6.2 sajaahh ya atau kisaran 100.000 rupiah sajaaa per orang
* ini belum termasuk transport lanjutan di johor baru kamu mo lanjut kemana ya

Kalau pergi rombongan 5 orang lebih mungkin bisa pertimbangkan carter mobil kl selisihnya nggak banyak

Total waktu tempuh dengan public transport start dari mrt lavender sampai di jb sentral kurang lebih 2 jam










Tidak ada komentar: