Minggu, 23 April 2023

Tips berburu Sakura di Seoul 2023 (musim semi)

Selain jepang, negara terdekat yg bisa kita kunjungi utk berburu Spring dari indonesia adalah Korea Selatan.

Berburu spot sakura di seoul dan sekitarnya, awalnya agak susah, karena masih belum begitu website berbahasa inggris yang memposting tempatnya. Kalaupun ada biasanya ada yg gak pas atau tidak ada titik lokasinya di Google maps. Karena gmaps tidak dipakai di Korea Selatan (korsel menutup aksesnya dari google maps). Aplikasi yg umum digunakan di Korsel adalah naver map dan Kakao map. 

Saya pribadi lebih suka pakai Naver Map, meskipun awalnya agak sulit karena kebanyakan tempat harus di input pakai Hangeul (agak sulit kalau input pakai abjad). Tapi yg saya suka naver map itu ada review dari para blogger korsel yg meskipun tulisan hangeul tetap bisa kita convert translate ke english/ bahasa indonesia jika kita buka dengan web browser

Setelah survey mendalam, ternyata seoul nggak kalah sama jepang spot sakuranya. Malahan ketemu buanyaak banget tempat, ditambah referensi dari instagramer korea yang suka share lokasi.

Di pusat kota seoul aja udah ada puluhan spot sakura yang biasanya selalu mengadakan festival setiap puncak spring, belum lagi spot di luar seoul. Di aplikasi naver sampai bejibun spot sakura yang sudah saya tandai.

Berikut Tips berburu spring di seoul

1. Memantau web resmi cuaca nasional korea https://www.weatheri.co.kr/index.php setiap tahun menjelang spring biasanya web ini akan update prediksi tanggal blooming cherry blossom. Perlu dicatat : prediksi bisa jadi tidak tepat, karena sakura bisa lebih maju atau mundur biasanya 1-2minggu dari tahun sebelumnya tergantung suhu dan cuaca

2. Memantau cuaca dan berita update situs berita Naver https://weather.naver.com/news

3. WAJIB Download dan Daftar App Naver Map. 



4. Tandai tempat yang akan dikunjungi lalu rapikan dalam list berbeda pada bookmark utk mempermudah. Pantau update review blogger korea di tempat-tempat yang sudah kita tandai di navermap. Blogger korea rata2 pada rajin update foto dan tanggal pengambilan gambar. Jadi kalau udah deket2 tanggal prediksi sakura muncul, makin seringlah cek review blogger. 

5.  Berdoa. Emang yg paling tepat itu beli tiket pesawat kl timing bloom sakuranya udah mulai mau mekar, tapi ini agak sulit ya bagi kaum pejuang tiket promo seperti saya yg kudu beli jauh hari/ war tiket pas promo gledek. Nentuin tanggalnya gambling, dan mengandalkan keberuntungan. Yg jelas spring di kota seoul tahun belakangan suka maju jadi akhir maret - awal april. 

Tidak ada komentar: