Monday, November 12, 2018

Pengalaman Urus Visa Schengen lewat Belanda

Setelah hunting tiket promo dari akhir tahun 2017 lalu untuk berangkat oktober 2018 (lama bingit yak 😂). akhirnya tiba juga saat-saat ribet urus visa, yak visa scengen sebagai satu koentji bisa masuk Eropa dari pintu mana saja.

Hasil googling sana-sini, akhirnya kami memilih Belanda sebagai negara tempat dikeluarkannya visa Scengen. Karena katanya, negara ini masuk salah satu yg paling 'baik' memberikan visa selain Austria. Tapi alangkah baiknya ngurus visa bukan lihat dari baik nggaknya negara ngasih visa ya. Karena ada hal penting lain yg dipertimbangkan agar kita bisa dapet visa dari negara tsb, seperti negara tsb adalah negara yg pertama kali kita datangi atau negara dimana kita stay paling lama.

Beberapa negara Eropa sudah mempercayakan pengurusan visa nya melalui VFS GLOBAL, termasuk Belanda. Apa itu VFS Global? Ia adalah sebuah perusahaan jasa yg dipercayakan kedubes negara2 eropa untuk menerima dokumen utk visa kita-kita ini. Utk kemudian di kirim vfs ke kantor perwakilan Belanda (kl ga salah di kirim ke Kuala lumpur). Jadi sekarang urus visa gak perlu datang ke kedubesnya, cukup datang aja ke kantor VFS.

Kira-kira ribet ga si urus persyaratan visa nya yg seabrek tanpa bantuan jasa travel?

Kalo menurut saya sih, semua persyaratan yg tercantum di web nya sudah cukup lengkap. Jadi buat apa lagi pakai bantuan jasa travel, malah dua kali pakai jasa kan? Kelebihannya kl pakai jasa travel mungkin gak perlu lagi susun itin, dan terima beres & serahin dokumen pribadi aja. Plus pendampingan saat datang ke VFS. Loh? Pake dateng ke kantornya juga ya? Yuhuu.. visa scengen mewajibkan kita datang saat proses aplikasi karena akan dilakukan pengambilan data biometrik (sidik jari, dll) jadi tetep ga bisa diwakilkan oleh orang lain.

Nah disini saya mau share tahapan plus tips urus visa Scengen Sendiri lewat VFS GLOBAL tanpa bantuan travel agent.

1. Daftar/ registrasi online lewat situs resmi VFS global. Minimal 90 hari sebelum tanggal keberangkatan

2. Memasukkan daftar pendaftar (mau daftar grup/ sendiri bisa) dan menentukan jam dan tanggal kunjungan.  Setelah yakin dengan jadwal yg kita buat, maka kita akan dapat no rekening dan jumlah biaya registrasi nya, sekitar 400ribuan lebih per orang. Transfer lalu kita akan dapat nomor registrasinya. Ini hanya biaya registrasi aja ya, bukan biaya urus visanya, bayar visa dilakukan saat hari H pengurusan. Disini juga bisa pilih tambah fitur pemberitahuan lewat SMS, dengan tambahan biaya tertentu.

3. Lengkapi syarat-syarat dari negara tujuan yg sudah tertera dalam situs VFS global

4. Datang ke kantor VFS global saat hari H appointment. Pastikan di waktu tersebut, kamu bener-bener bisa datang TEPAT WAKTU. Kita baru akan diperbolehkan masuk 10 menit tepat sebelum jadwal appointment. Dan akan melalui security check yg ketat, melebihi masuk bandara. Di dalam tidak boleh ambil gambar dan aktifkan hp.

5. Tunggu antrian sesuai nomor antrian per Negara tujuan (tampak antrian Belanda paling buanyak)

6. Petugas akan memanggil antrian, dan mengecek dokumen kita secara lengkap dan detail. Kl belum lengkap nanti dikasih tau, dan dikasi waktu untuk perbaiki. Kl lengkap lanjut ke tahap berikutnya

7. Bayar biaya pengurusan visa. Kl kemarin visa scengen lewat Belanda 1jutan 100rb per orang (kl ga salah inget)

8. Rekam data biometrik (sidik jari, dll)

9. Selesai. Tinggal dag dig dug. tunggu visanya jadi kurang lebih 14 hari kerja. Punya kami 7 hari aja udah jadi. Dan diberitahu lewat email juga. Catatan : udah jadi belum tentu di terima ya. 😂

10. Pengambilan. Diambil di kantor vfs. Bisa diwakilkan tapi pakai surat kuasa bermaterai. Jangan lupa amplop visanya langsung dibuka pas sampe vfs, jadi biar plong kl visa nya bener di approve 😂

Persyaratan visa schengen
karena kami apply schengen lewat Belanda, ini persyaratannya :
1. Mendownload dan mengisi form aplikasi dari web VFS untuk belanda
2. Translate ktp, kk, akte
3. Print asuransi perjalanan (kemarin kami pakai axa traveller, karena murah & mudah aplikasinya)
4. Foto visa terbaru/ min 3 bulan akhir (ukuran 3.5x4.5 80%)
5. Itinerary
6. Print flight
7. Print boking hotel
8. Rek koran 3 bulan
9. Surat refrensi kantor utk karyawan / SIUP utk wiraswasta dlm bahasa inggris
10. Fotocopy Paspor lama dan halaman yg ada visanya saja
11. Paspor baru dan fotocopy lembar depannya dan yg ada lembar visanya
12. Print lembar appointment untuk ditunjukkan ke petugas


Tips melengkapi syarat
- Itinerary. 
Ini salah satu faktor yg cukup krusial dalam menentukan negara pemberi visa. . Pastikan di dalam itinmu, kalau negara pemberi visa adalah negara yg pertama kamu kunjungi dan atau negara yg paling lama kamu kunjungi.
Misal masuk Italy 2 hari, swiss 5 hari, keluar lewat jerman 3 hari. Maka swiss lah yg harus kamu mintai visa. Tapi kl harinya rata semua, misalnya Italy 3 hari, swiss 3 hari, german 2 hari, belanda 3 hari. Maka, Italy lah yg kamu mintai visa krn itali adalah negara yg kamu pijak pertama kali.

Kemarin saya dkk sempet salah dibagian ini. Padahal kami udh bikin dummy itin alias itin palsu. Tapi kesalahanny saya tulis italy 2 hari, swiss 2 hari, jerman 2 hari, mampir praha 1 hari, lalu masuk jerman lagi 1 hari, paris 2 hari terakhir baru k belanda 3 hari. Kl itinnya begitu maka jerman lah seharusny yg kita mintai. Karena jerman dan belanda totalnya sama2 3 hari, tapi jerman duluan kita pijak.

Untungnya mas vfs yg ramah dan informartif itu langsung ingetin dan kasih kita waktu untuk perbaiki itin. Gelagapan juga karena vfs ini letakny dalam mall kuningan, gimana ceritany nyari tempat print-an dalem sini. Untungny di lantai 3 ada tour and travel agent (namanya Satnet). Kita minta tolong untuk bokingin hotel di tanggal itu dan edit+print itin yang baru, dengan harga yang cukup lumayan mehong. Huhu. Tapi mau gimana lagi kan, daripada harus appointment ulang, mana saya & salah satu temen tinggalny diluar pulau jawa. Hasil itin dummy (palsu) kita berubah jadi total 5 hari di belanda 😅. Kelar edit kami balik lagi dan kami lanjutkan proses pengajuan visa.

Syukur dalam waktu 7 hari saja visa kami sudah jadi dan diterima. Sempet deg-degan karena masalah itin kemarin dan takut keliatan palsunya jadi gak di approve. Karena visa scengen ini gampang2 susah, ada jg cerita yg gara2 bokingan hotelnya fake dan gak ditemukan jadi gak dapet visa. Jadi bagi temen2 yg boking boongan lewat aplikasi seperti booking .com mohon jangan di cancel dl bokinganny sampai visa bener-bener keluar.

Semoga kalian yg lagi berusaha dapat visa scengen dilancarkan dan dimudahkan yaaa


1 comment:

HALIMUN TRANSLATOR AGENCY said...

Perkenalkan kami Halimun Translator Agency
Biro Penerjemahan Dokumen Tersumpah / Tidak Tersumpah (Sworn Translation / Non Sworn Translation), mungkin saja jika ada rekan / saudara membutuhkan Jasa Penerjemahan Dokumen.
Dokumen Seperti :
1. Dokumen Pribadi ( KTP, KK, SKCK atau dokumen Pribadi Lainnya)
2. Dokumen Perusahaan (Akte Pendirian, SIUP, TDP, NPWP dan Dokumen Lainnya)
3. Dokumen Manual Book / sejenisnya
4. Dokumen Perjanjian Perusahaan / sejenisnya
5. Dokumen yang diharuskan diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah
6. Dokumen WNA untuk keperluan Pernikahan dengan WNI, RPTKA, IMTA, dan sejenisnya
Bahasa Asing yang dapat kami terjemahkan :
1. Indonesia – Inggris (v.v)
2. Belanda
3. Spanyol
4. German
5. Portugis
6. India, Latin, Korea, China, Jepang, Vietnam, Rusia, Ukraina, Denmark, Thailand, Turki
untuk biaya akan kami berikan harga terbaik demi kelancaran jika sudah terjalin kerja sama / ingin menanyakan seputar penerjemahan dokumen silahkan Kontak Kami :
Telephone : 0857-7486-0146
WA : 0857-7486-0146
Website : https://halimuntranslatoragency.wordpress.com/
E-mail : Halimun.translet1@gmail.com / Halimuntranslator@gmail.com
terima kasih sudah bisa berkomentar disini, siapa tau ada yang membutuhkan jasa penerjemahan dokumen silahkan kontak nomer / email yang sudah saya cantumkan ya.