Selasa, 03 Januari 2012

Hutan Pinus Imogiri & Kebun Buah Mangunan

Pernah dengar ada hutan pinus di yogyakarta? Pernah tahu di yogya ada kebun buah? Yak, ditengah hiruk pikuk riuh nya suasanya jogja, tempat ini boleh menjadi pilihan refreshing bersama teman atau keluarga. Tepatnya ada di daerah Dlingo, Mangunan, Bantul.

Ada apa aja disana?

1. Hutan Pinus 

adalah suatu hutan lokal yang pohonnya homogen oleh pinus. Tempatnya sejuk , rimbun, udaranya bersih dan asri. Karena alasan ini, banyak warga yang memfungsikan hutan ini sebagai sekedar tempat refresh nyari udara segar dan tentunya sebagai spot berfoto. Ada yang pake buat foto pre-wed disini juga. Hutan ini luas, tapi hanya satu titik yang bisa di pakai untuk hunting foto karena tidak banyak rumput liar dan areanya datarnya yang cukup luas. Updet terakhir bulan desember 2012 saya ke sana, sudah ada warung kecil dan area parkir kecil di depan spot ini. Sehingga tak menyulitkan lagi untuk cari lokasi, jalan menuju hutan pinus juga sudah di beri plang, jangan khawatir kesasar deh :D
 




2012 
2014



2. Kebun Buah Mangunan.


Tempatnya tak jauh dari hutan pinus. Nah, kalau tempat ini dikonsentrasikan untuk tanaman     buah-buahan. Untuk masuk kesini dikenakan biaya retribusi sebesar 5000 rupiah per orang. Kebunnya luas, ada tempat pembibitan  pohon organik, taman bermain, mushola juga ada. Tapi sayang, gak boleh metik buah yang ada disekitar kebun sembarangan, padahal ada durian & sirsak yang lagi berbuah (tapi masih mentah sih, hehe)

Tujuan utama kami ke kebuh buah ini sebenarnya bukan untuk cari buah, tapi naik ke Puncak Mangunan. Dari pintu masuk, ikuti jalan menurun, dan ikuti plang kecil dengan tulisan 'ke puncak' sampai ketemu taman bermain dengan kolam, dari situ bisa pilih 2 alternatif jalan lagi : jalan kaki atau nekat naik motor menyusuri jalan terjal nan tak mulus. Kalau jalan kaki, lebih baik lewat tangga yang letaknya di sebelah kiri kolam, agak capek sih tapi gak terlalu jauh kok. Kalau mau pakai motor juga bisa, naiknya lewat jalan memutar di sebelah kanan kolam. 

Pemandangan seperti ini yang bisa kita lihat dari Puncak Bukit Manguna
 




sungai yg membelah daratan


tetap semangat foto walaupun panas terik

*disarankan untuk membawa Tripod untuk kepentingan foto narsis barengan :p

How to get there ?
Ancer – ancer jalannya.. dari perempatan Terminal Giwangan terus ke selatan (jl Imogiri Timur) ikutin aja jalannya.. agak jauh memang. kalau takut keabisan bensin, tenang saja ada 2 SPBU yang akan kita lewati menuju ke Mangunan. Masih di jl Imogiri Timur kalau udah gak ada petunjuk ke makam, ikuti petunjuk jalan ke Dlingo/ Mangunan. Lepas dari jalan Imogiri Timur menuju Mangunan, mulailah terasa jalan yang mendaki dan berkelok, mirip jalan mau ke Pathuk, dieng, atau ketep.


Jalan ke Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan masih searah. Kita akan melewati hutan pinus dulu sebelum Kebun Buah Mangunan. Dari jalan utama, nanti ada petunjuk kecil ke arah Hutan Pinus (keluar jalan utama, lurus, jalannya nanjak). sedangkan Kebun Buah Mangunan masih ikutin petunjuk jalan utama ke kanan. Kalau kamu udah ngelewatin jalan masuk ke kebun buah (kanan jalan) dan jalannya sudah relatif menurun, tandanya kamu kebablasan, puter balik ya
Gak sulit kok nemuin jalannya, tinggal ikut petunjuk jalan atau kalau gak ketemu tanya warga deh :)

*) last updated 2014

keywords : kebun buah mangunan, hutan pinus imogiri

6 komentar:

dedy mengatakan...

itu di imogiri pa? kok kayake sejuk ya?

alamkuindahsekali mengatakan...

iya semua di imogiri.. hutan pinusnya sih sejuk nah, puncak mangunannya puanas

laurentiadewi mengatakan...

Astaga, indahnya!!!!!!

dedy mengatakan...

kemaren aku ke kebun buah mangunan kehujanan.. km kuliah di uad ya?

Akarui Cha mengatakan...

Duh, Hutan Pinus Imogiri keren banget. Tulisan ini di posting beberapa tahun lalu ya, sementara aku baru tahu kalau di Jogja ada hutan pinus yang kecenya kebangetan sejak hits beberapa waktu lalu. Telat sih, tapi semoga aku bisa ke sini kapan-kapan.

Anonim mengatakan...

مغاسل سجاد
محل غسيل سجاد