Thursday, December 8, 2016

Persiapan ke Jepang

Persiapan sebelum ke Jepang

1. Survey transportasi apa yang akan digunakan
Jepang terkenal dengan sistem transportasi yang kompleks, mahal tapi teratur dan tepat waktu.
Survey ragam transport fare di hyperdia.com dan mix dengan googlemaps atau navitime

2. Web-web yang sangat berguna untuk mendalami jepang. www.japan-guide.com disana udah ada link official segala macem, mulai dari official web kota-kota (tokyo, osaka, kyoto) , official web berbagai macam transportasi dan tiket tiket terusan sampai forecast dan report hanami (cherry blossom), koyo (autumn folliage) di spot-spot terbaik di jepang . Komplit.

3. Merencanakan waktu libur dan ke tempat mana saja yang akan dikunjungi. Karena ini sangat berhubungan dengan transport dan budget plan


Pre Keberangkatan
1. Visa
Pengguna epasspor sekarang sudah bebas visa jepang (walaupun tetap harus registrasi dulu di kedutaan). Kelebihannya pake epasspor gak sebanyak syarat pengguna paspor biasa dan lebih murah.
Yang passpornya biasa? Syaratnya lumayan banyak sih tapi yakin bisa tembus. Bisa cek di web resmi kedutaan Jepang
Jangan lupaa sesuaikan alamat paspor(ktp) dengan area coverage kedutaan, karena gak semua visa jepang urus di jakarta

2. Packing (pilih baju sesuai musim). Intiny biar gak salah kostum dan menuh-menuhin tas/koper. Bisa cek accuweather untuk update suhu


3. Adaptor listrik atau colokan. Di jepang voltase nya 100-110 v dengan jenis colokan 2 bar pipih. Kalau tinggal di hostel rata-rata nyediain/nyewain colokan ini, banyak juga di jual d minimart. Tapi bagi yg ga mau ribet disono lebih baik bawa dari indo

4. Persiapkan simcard atau sewa wifi.
Untuk kepentingan mobile network, demi kelancaran cari jalan dan transport, sekarang banyak simcard yang menawarkan harga affordable, beberapa provider jepang yang terhitung murah seperti bmobile dan docomo. Sedangkan provider indonesia yang paling murah adalah XL dengan fitur xl pass nya. Tinggal di bandingin aja kebutuhan kuota dan lama stay di jepang dengan harga yang di tawarkan. Saya sendiri selama 14 hari pakai xl pass+daftar paket combo extra (kurang dari 400ribu udah bisa pakai di jepang & negara transit).
Yang mau sewa wifi juga bisa terus di route pakai rame-rame. Tapi kalau untuk pakai sendiri hitungannya termasuk mahal.

5. Yen
Pastikan untuk sangu uang cash dalam bentuk yen secukupnya. Opsi lain ambil di atm biasanya kena tarif 15-25ribu rupiah dngan minimal transaksi pengambilan 10ribu yen atau bawa dollar dan exchange di sana. Tapi ribet yak kl bawa dollar bolak balik ngitung kursnya.
Mata uang lembaran 1000, 5000 dan 10000. Dan koin 1, 5, 10, 50 dan 100. Uang koin lebih sering di pakai untuk transaksi kecil (spti beli makan, vending machine, beli tiket bus). Koin 500 yen udah setara hampir 60ribu rupiah jadi hati-hati kontrol recehnya, Suka gak kerasa tau-tau udh abis banyak.

6. Oh ya ada 2 benda gak penting tapi kepake. Travel wallet untuk naroh ic card dan segala macam tiket lain yg sering di pakai, jadi gak kececer dan ilang (rugi soalny). Daan TEMPAT KOIN !  ini dua benda remeh tapi ternyata berguna. Tempat Koin kepake banget buat orang yg baru pertama kali ke jepang dan belom hapal nilai recehan jepang. cukup membantu kalau pas bayar di kasir jadi milih koin nya gak pake lama atau kalau mau gak ribet ya bayar pake IC card (pasmo, suica, icoca, pitapa dll)


No comments: